Duakecelakaan lalulintas pada awal tahun 2007 sangat memperihatinkan. Yangpertama kecelakaan lalulintas laut yang menimpa kapal laut SenopatiNusantara, yang kedua kecelakaan Pesawat Adam Air. Keduanya didugaterjadi pada waktu yang berdekatan di kawasan yang sama berdekatan jugadi laut Utara Jawa, dan yang satu di seputar Masalembo.
Duapuluhenam tahun yang lalu KM Tampomas II terbakar di laut dan karam padatanggal 27 Januari 1981. Ah kenapa pada bulan-bulan yang sama ya?memang bulan-bulan ini merupakan bulan-bulan puncak perubahan musimseantero Indonesia yang kepulauannya berada di sekitar katulistiwa.
Tetapi kenapa kejadian kecelakaan ini di lokasi yang kira-kira sama? Ah jangan-jangan barangkali mungkin saja.
PulauMasalembo sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di ujung PaparanSunda. Pulau-pulau kecil ini berada di daerah “pertigaan” laut yaitulaut jawa yang berarah barat timur dan selat Makassar yang memotongberarah utara-selatan.
Polakedalaman laut di Segitiga Masalembo ini sangat jelas menunjukkanbentuk segitiga yang nyaris sempurna berupa segitiga sama sisi. Lihatgambar dibawah.
Padapeta kedalaman laut atau peta bathymetri diatas dapat dilihat adanyabentuk kepulauan yang berbentuk segitiga. Tinggian yang terdiribeberapa pulau-pulau ini saya sebut sebagai “SEGITIGA MASALEMBO” atau “THE MASALEMBO TRIANGLE“.Nah, ada apa saja di daerah seputaran Segitiga Masalembo ini. Coba kitabuka-buka dikit-dikit ya. Tapi jangan mengharap banyak dari sisimistisnya, akan lebih banyak saya urai sisi kebumian dan kelautannyasaja
Pertemuan ARLINDO (Arus Laut Indonesia)
IndonesianThroughflow (ARLINDO), indicate the relationship between therelationship between ARLINDO and El-Nino Southern Oscillation (ENSO)(Source, Gordon, A., 1998)
Diatas ini digambarkan arus laut di Indonesia, terutama Indonesia Timur.Coba perhatikan arus yang melewati Segitiga Masalembo ini. Pada bagianatas (garis hijau) menunjukkan air laut mengalir dari barat memanjangdi Laut Jawa, berupa monsoonal stream atau arus musiman. Arus inisangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat Makassarada arus lain dari utara yang merupakan thermoklin, atau aliran airlaut akibat perbedaan suhu lautan. Kedua arus ini bertemu di sekitarSegitiga Masalembo.
Yah,tentu saja arus ini akan sangat mempengaruhi pelayaran laut disini.Arus musiman ini sangat dipengaruhi juga oleh suhu air laut akibatpemanasan matahari tentusaja. Kalau anda masih inget bahwa lintasanmatahari itu bergerak bergeser ke-utara-selatan dengan siklus tahunan.Itulah sebabnya pada bulan-bulan Januari yang merupakan saat perubahanarus musiman (monsoon).
Apamenariknya dari ARLINDO ini? Arus ini membawa air laut dingin dariSamodra Pasifik ke Samodera Indonesia diduga dengan debit hingga 15juta meterkubik perdetik!!! Dan hampir keseluruhannya melalui SelatMakassar!
Tentunyaaliran air sebesar ini bukan sekedar aliran air saja. Banyak aspek lainyang ikut mengalir dengan aliran air sebanyak itu, misalnya akanterdapat pula aliran ikan-ikan laut, aliran sedimen laut, juga alirantemperatur air. Apa saja efek aliran ini dengan proses kelautannyasendiri? Wah tentunya banyak sekali
Kalau digambarkan secara mudah barangkali profil selat makassar dapat dilihat seperti dibawah ini.
Padaprofil dasar selat Makassar diatas terlihat batuan kalimantan danbatuan sulawesi berbeda, kalau masih ingat yang aku tulis tentangpembentukan Patahan-patahan di Jawa di tulisan sebelumnya disini, makatentunya mudah dimengerti. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaanmencolok antara Indonesia barat dengan Indonesia Timur, seperti ygditulis disini sebelumnya. Kalimantan merupakan bagian dari PaparanSunda (Indonesia Barat) sedang Sulawesi merupakan bagian dari IndonesiaTimur. Nah garis yang membaginya dulu diketemukan oleh Wallace disebutsebagai Garis Wallace (Wallace Line). Garis Wallace ini sebenernyahasil penelitian satwa Indonesia Barat-Timur, namun sebenarnya ada jugaimplikasi atau manifestasi dari aspek geologis (batuan penyusunnya).
DariBatuannya kita tahu bahwa dibawah selat makasar ini terdapat tempatyang sangat kompleks geologinya, diatasnya terdapat selat Makassar yangjuga memilki karakter khusus di dunia ini dimana mengalirkan air yangsangat besar.
Apayang terlihat lagi? Ya tentunya ada aspek meteorologis yang memisahkanantara daerah diatas air dengan daerah diatas daratan yaitu awan. Awanmerupakan fenomena khusus yang paling banyak dijumpai diatas daratan.Itulas sebabnya kalau sedang di tengah laut coba tengok ke atas,carilah awan. Awan yang berarak akan lebih banya terdapat di daratanketimbang di atas lautan seperti gambaran diatas.
Apa lagi selain awan?
Angin,ya angin juga akan berhembus karena perbedaan tekanan udara panas. Padamalam hari saat bertiupnya angin darat, para nelayan pergi menangkapikan di laut. Sebaliknya pada siang hari saat bertiupnya angin laut,para nelayan.
Perubahanangin darat laut karena suhu ini berubah dalam siklus harian, namuntentunya ada juga siklus tahunannya atau disebut siklus monsoon. LoohMonsoon, kok sepertinya juga ada monsoonal stream yang ada di Arlindodigambar atas. Ya, memang itulah siklus-siklus arus angin, siklus airitu bertemu bercampur di segitiga Masalembo ini. Runyem kan?
Seringkali daerah Segitiga Bermuda dihubungkan dengan kondisi magnetisme. Adakah peta magnetik daerah Segitiga Masalembo ini?
Kalaudibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo jugatidak menunjukkan keanehannya. Sepertinya keangkeran segitiga Masalemboini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alamiah yang bukan mistis.Yang mungkin paling dominan adalah faktor meteorologis termasukdidalamnya faktor cuaca, termasuk didalamnya angin, hujan, awan,kelembaban air dan suhu udara yang mungkin memang merupakan manifestasidari konfigurasi batuan serta kondisi geologi, oceaografi sertageografi yang sangat unik.
Kalaumemang Masalembo Triangle ini banyak menimbulkan masalah transportasi(lalulintas), tentunya perlu rambu-rambu lalulintas laut yang lebihcanggih ditempatkan di lokasi ini. Tetapi bukan berarti zona terlarangmasa sih kita tidak boleh melewatinya sepanjang masa. Misalnyamercusuar khusus, penempatan radar pemantau. Juga yang tak kalahpenting penelitian saintifik tentang perilaku arus air laut, sertacuaca di daerah ini.
sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/04/segitiga-masalembo-indonesia-yang.html
Kamis, 08 April 2010
Segitiga Masalembo (Indonesia) yang Misterius
Posted by Adhy Kelana on 21.12



0 Komentar:
Posting Komentar