Jumat, 30 April 2010

Kejadian Mengerikan Yang TerJadi Di Wamena


AWALMEI ini saya mendapat beberapa pertanyaan dari beberapa orang soalempat buah gambar yang beredar lewat email, antara lain, dari PortMoresby. Isinya, sebuah serial tentang sekelompok orang Papua, tepatnyaorang Pegunungan Tengah, yang ditangkap polisi Indonesia.

Merekaditangkap. Mereka diminta melepaskan pakaian mereka. Telanjang dada.Dua orang ditembak mati. Gambarnya seram sekali. Perut saya mualmelihat gambar keempat. Saya ingatkan Anda untuk tak meneruskan melihatgambar-gambar ini bila tak benar-benar perlu.

Ada dugaangambar-gambar ini diambil sesudah terjadinya serangkaian kekerasan diPapua saat pemilihan umum 9 April 2009. Ada yang berasumsi ia terjadipada 29 April saat ratusan tentara Indonesia dari Batalion Infantri751/Berdiri Sendiri mengamuk di Sentani. Saya agak ragu karena hari itutak ada satu pun korban jatuh. Ada empat wartawan mengalami kekerasannamun tak ada korban nyawa.


Sayacek gambar-gambar ini diambil pada 28 Januari 2004. Dari beberapawartawan dan aktivis hak asasi manusia di Jayapura dan Wamena, sayadiberitahu bahwa gambar gedung bundar dalam foto kemungkinan besar adadi Wamena. "Itu macam bentuk honai," kata seorang wartawan. Seragampolisi dalam gambar adalah Gegana, sebuah unit penjinak bom dariBrimob. Ada juga wartawan bilang gambar-gambar ini pernah dilihatnyadalam demonstrasi mahasiswa. Lagi-lagi, dia tak tahu siapa namakorban-korban ini?


Sayasudah mencoba hubungi lebih dari 20 sumber di Wamena dan Jayapura. Adaseorang mantan wartawan mau bantu saya meneliti gambar-gambar ini namunjuga belum ada hasilnya. Sudah hampir sebulan saya tak tahu apa-apasoal gambar ini. Semua buntu. Tak ada yang tahu siapakah korban?Mengapa mereka ditembak? Siapa yang menembak mereka? Mengapa ditembakdari jarak dekat?


Sayaterpaksa memuat gambar-gambar ini dalam blog saya untuk minta bantuanAnda, terutama yang tinggal di Jayapura dan Wamena, apabila ada yangkenal korban? Atau ingat kejadian apa? Tak kalah pentignya, saya ingintahu siapa yang mengambil gambar-gambar ini? Saya tak bermaksud tidakhormat kepada almarhum maupun keluarganya. Sebaliknya, saya justruingin mencari kebenaran apa yang terjadi pada korban. Bila ada yangtahu, silahkan hubungi saya. Saya hendak membuat naskah soal keempatgambar ini.

Pegunungan Tengah adalah suatu daerah di jantungPulau Papua dimana penduduknya berkulit gelap dan rambut sangatkeriting. Daerah ini ditempati beberapa etnik. Namun semua berkulitgelap dan rambut sangat keriting. Orang-orang Gunung biasanya dibedakandengan orang-orang pantai, macam Biak, Serui, Manokwari, Jayapura dansebagainya, yang kulitnya lebih terang. Mungkin buat orang dari luarPapua, mereka kurang terlihat berbeda. Orang Papua sangat mudahmembedakan siapa Gunung, siapa Pantai. Sama dengan orang di Jawa mudahmembedakan orang Solo atau Surabaya, mana Sunda, mana Jawa, manaMadura, kebanyakan orang Papua juga mudah mengenal etnik mereka hanyadari melihat bentuk badan, penampilan fisik dan logat bahasa.
 











source : andreasharsono

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More