Jumat, 30 April 2010

Ditemukan Manusia Yang Hidup Di Bawah Tanah



Legendamenyebutkan ada kehidupan di bawah tanah dan pintu masuknya terletak dikutub utara. Legenda itu muncul sejak zaman Plato yang yakin di dalambumi penuh dengan terowongan dan lubang. Apakah legenda itu benar?

Pemikiranadanya lubang di perut bumi sangat popular di antara penulis sciencefiction. Bahkan beberapa penulis menunjukkan perhitungan estimasi sertaeksperimen untuk membuktikan planet bumi memiliki lubang di dalamnya.Lalu apakah science fiction itu benar?

DoktorIlmu Geologi dan mineral dari Russian Academy of Natural Sciences MarkSadikov mengatakan manusia tidak akan bisa masuk ke dalam perut bumikarena tidak ada lubang di kutub utara. Wilayah di utara merupakan zonalaut dalam, dan terdapat palung di beberapa bagiannya.

Pejabatriset di Arctic and Antarctic Research Institute Maria Gavrilo jugamengatakan tidak pernah mendapatkan lubang di wilayah utara saatmelakukan riset di wilayah itu. Wilayah kutub utara sendiri merupakanlautan yang tertutup es secara penuh.




Diabad 21, kemungkinan adanya lubang itu diteliti kembali. Pakarpendukung teori lubang bumi menyebut medan magnet yang berbeda-bedasebagai indikasi. Mereka juga merujuk pada sinar aurora yang merupakangas yang muncul di kutub.
Pendukung teori itu menyebut kompas selalubertingkah aneh saat mendekati kutub. Banyak peneliti juga menyebutkanangin hangat sering berhembus dari kutub utara yang kemungkinan berasaldari lubang besar yang ada di sana.

Maria Gavrilo membantahteori medan magnet. Ia menyebut medan magnet di kutub utara dan selatanterus bergerak meluas. Penelitian di dua kutub itu menunjukkan keduanyatidak stabil dan berpindah secara aktif.

Sementara munculnyaaurora polaris merupakan fenomena unik yang dihasilkan oleh atom dibagian atas atmosfer. Aurora itu berbetuk zona oval di atas kutub.
Astronotdari ruang angkasa bisa mengamati bumi berpendar seperti halo di bulan.Namun dari bumi cahaya itu hanya bisa dilihat di kutub. Aurora polarisbisa sangat besar diakibatkan oleh pengaruh interferensi sinyal radio.

Penelitimengatakan merupakan sesuatu yang normal kompas menjadi tidakterkendali saat mendekati kutub. Hal itu karena medan magnet bumisangat kuat di dekat kutub dan penunjukkan kompas yang tak karuanadalah usaha untuk menunjuk ke suatu arah tertentu.

Mayoritaside lubang di dalam bumi lebih banyak berdasarkan asumsi dan bukan datailmiah. Menurut penelitian, lubang yang mungkin ada hanya gua karst.Kehidupan di dalam bumi juga tidak mungkin, karena tidak cukup ruangandi bawah permukaan bumi.
Kedua, tekanan dan suhu naik drastis dikedalaman tertentu. Saat tambang dibuat lebih dalam dari satu kilometerdi Afrika, tempat itu harus dilengkapi pengatur suhu karena ruanganmenjadi sangat panas.

Pendukung lubang di dalam bumi menyatakanseharusnya planet memiliki bobot lebih besar jika tidak ada lubang.Tapi Maria Gavrilo mengatakan saat menghitung berat bumi harusberdasarkan massa yang bukan diam tapi bergerak. Jika kenyataan itudiabaikan, maka penghitungan oleh peneliti akan mendapatkan hasil yangsalah.

Teori planet bumi berlubang ini akan terus menjadimisteri. Karena hingga kini lapisan bumi yang disebut lithosphere masihmisteri, dan tidak ada orang yang tahu apa yang ada di dalam lapisanyang lebih dalam dari lapisan itu.



sumber:blakblak

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More