Jumat, 23 April 2010

6 Kebiasaan yang Membuat Cepat Tua


VIVAnews - Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa merokok dan minuman beralkohol berefek negatif bagi kesehatan.

Namuntidak banyak orang mengetahui apa saja hal-hal yang tampaknya sepelenamun berdampak besar terhadap kesehatan. Berikut ini beberapa jeniskebiasaan yang membuat tubuh tampak lebih tua tanpa kita sadari.

1. Melihat dengan menyipitkan mata
Seringkalikita mengamati sesuatu yang menarik dengan berjinjit dan menyipitkanmata. Sebenarnya, kebiasaan ini menjadikan kerutan di sekitar matasemakin jelas.

Untukmeningkatkan elatisitas kulit sekitar mata, gunakan krim kolagen, laluurut daerah sekitar mata dengan arah kanan-kiri dan atas-bawah. Lakukanbeberapa kali sehari. Pastikan juga Anda memakai kacamata hitam saatberada di luar ruangan atau pakailah kacamata jika memiliki gangguanpenglihatan.

2. Memakai bodi scrub
Secararutin kita memang harus membuang sel-sel kulit mati agar kulit terlihatlebih bercahaya. Tetapi jangan menggosok tubuh terlalu keras atauterlalu sering. Luluran dengan scrub lebih dari sekali dalam seminggu,bisa menyebabkan kerusakan lapisan kulit dan melemahkan fungsi alamikulit sebagai pelindung. Terlalu keras dan terlalu sering melulurtubuh, juga bisa menimbulkan luka dan infeksi jaringan kulit. Padaakhirnya, kulit akan rentan terhadap proses penuaan.

Bagipemilik kulit sensitif atau alergi, hindari lulur berbahan buah dangel. Setelah melulur tubuh, jangan lupa gunakan pelembab. Produk yangmengandung minyak zaitun dan lidah buaya sangat dianjurkan bagi kulitkering. Bagi kulit berminyak, gunakan produk bebas minyak, atau produkdengan kandungan asam hyaluronic yang cocok untuk kulit berminyak.

3. Minum menggunakan sedotan
Walaupunterlihat seksi, minum menggunakan sedotan tidak baik bagi kesehatankulit. Gesekan antara kulit bibir dengan sedotan menimbulkan kerutan disekitar mulut yang sangat sukar dihilangkan saat facial ataupengencangan.

4. Merokok
Menyelipkanrokok di sela-sela bibir bisa menimbulkan kerutan pada bibir. Paraperokok biasanya akan terlihat lebih tua daripada orang yang tidakmerokok, bukan hanya karena penuaan kulit, tetapi akibat kerutansehingga menimbulkan efek menua.

5. Postur tubuh
Selainmenjaga kesehatan kulit, penampilan kita juga sangat dipengaruhi posturtubuh. Punggung yang bungkuk, bahu yang jatuh dan dada yang turun akanmembuat gadis 20 tahun terlihat sangat tidak menarik.

6. Kebiasaan mengunyah
Kebiasaanmengunyah permen karet atau makanan ringan bukan hanya berbahaya padaluka lambung, tetapi juga menyebabkan kerutan dan penyempitan pembuluhdarah. Akibatnya, tekanan darah akan meningkat dan adanya penonjolanpembuluh darah.

Apabilaingin mengunyah permen karet, lebih baik mencoba meditasi berikut. Cobarileks dan duduk nyaman, lalu letakkan tangan di lutut dengan telapakterbuka. Tarik napas panjang lewat hidung lalu keluarkan melalui mulut,lakukan berulang-ulang.

 




sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/04/6-kebiasaan-yang-membuat-cepat-tua.html

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More