Minggu, 21 Maret 2010

Arti Hidup Kita dalam 7 Hari

Hariadalah sebuah unit waktu yang diperlukan bumi untuk berrotasi padaporosnya sendiri. Satu hari terdiri dari siang dan malam. Semua orangpasti punya tujuh hari dalam seminggu. Tapi berapa harikah yang dapatkita manfaatkan dengan sebaik-baiknya? Apa arti hari-hari tersebutuntuk kita? Mari kita coba lihat.

1. Senin
• Adalah singkatan dari “Semangat nan indah”

Sebagianorang mengharap-harap tibanya hari Senin karena hari itu merekamendapat uang. Yang telah libur, kembali berjualan sehingga uang masuklancar lagi. Yang bekerja harian, berarti upah harian akan diterimakembali. Sebagian orang tidak suka dengan hari Senin. Yang malasbekerja merasakan beban berat karena Senin berarti mulai bekerjakembali. Yang tadinya bisa santai di rumah, kini harus kembali masukkantor. Anak sekolah kembali bersekolah, tidak bisa main-mainPlayStation lagi. Para ibu harus bangun pagi lagi untuk memasak makanpagi anak-anak yang akan berangkat sekolah. Ada yang menunggu-nungguhari Sabtu lagi yang rasanya masih sangat lamaaaa… Apapun sikap yangkita pilih, tidak akan merubah hari Senin. Senin tetap datang. Senintetap harus kita lalui entah kita senang atau tidak. Sikap mana yangakan kita pilih? Memulai hari Senin dengan menggerutu atau memulai hariSenin dengan Semangat nan indah?

2. Selasa
• Adalah singkatan dari “Selalu luar biasa”

Adaorang yang berpendapat bahwa Selasa adalah hari yang biasa saja. tidakada yang luar biasa. Mengapa begitu??? Mengapa kita tidak membuatnyamenjadi hari yang luar biasa? Luar biasa atau tidak, bukan tergantungdari nama hari atau pekerjaan kita. Tapi tergantung dari sikap hatikita. Tiap pagi saya bermain skipping (main tali) sebanyak 300 kali.Saya merasakan bedanya, ketika hati sedang malas, ya main tali jaditerasa berat. Tapi bila hati gembira, maka main tali menjadi ringan.Bahkan tanpa terasa bisa sampai 400 kali. Jadi saya selalu main talisambil bernyanyi dan tersenyum.

3. Rabu
• Adalah singkatan dari “Rasakan bahagia dalam kalbu”

Apakahkita bersyukur hanya kalau kita mendapatkan sesuatu? Kalau sedangsenang dan kita bersyukur, itu sih biasa. Tapi bagaimana kalau kitasedang ada masalah? Apakah kita menggerutu dan marah-marah? Apakah kitabisa mensyukuri setiap kejadian dalam hidup kita? Waktu anak saya masihkecil, dia sering menangis di malam hari. Padahal tiap hari saya harusbekerja. Tapi saya bersyukur bisa bangun di malam hari dan memberikanASI kepada anak saya. Saya senang ketika di malam hari dia terjaga danmemanggil “Mama, Mama”. Malah saya sengaja melarang baby sitter untukbangun di malam hari dan mengurus anak saya. Saya pikir, toh tidak lamadia begitu. Nanti kalau dia sudah besar, dia tidak akan lagi memanggil“Mama, Mama” ketika terjaga di malam hari. Jadi saya nikmati keadaanitu. Saya syukuri saat-saat tiap malam saya bangun dan menggendong anaksaya. Biarlah hati kita selalu dipenuhi rasa syukur. Biarlah kalbuberseri. Hati yang gembira adalah obat yang paling manjur.

4. Kamis
• Adalah singkatan dari “Kami sukses”

Apakahhari Kamis juga hari biasa? Bagaimana kalau kita membuatnya sebagaihari dimana kita sudah lebih sukses? Rasanya kita perlu mengingatkembali pentingnya “Berpikir Positif”. Bagaimana kalau tiap minggu kitamendapatkan sukses? Bagaimana kalau tiap hari? Apakah mungkin? Tentusaja. Yang perlu dilakukan adalah selalu berpikir positif. Kapan saja,dimana saja, dan siapa saja... Bila seseorang berkata kepada kita:“Wah, enak ya kerja disana?” Daripada berkata: ”Enak apanya? Biasa sajakok”, mengapa kita tidak berkata: “Amin”. Bila seseorang berkata:“Pasti kamu banyak uang”. Daripada berkata: “Ga kok, Siapa bilangbanyak uang?” Lebih baik kita berkata: “Amin”. Kalau nanti benar benarbanyak uang, siapa yang menikmati? Kita sendiri kan?

5. Jumat
• Adalah kepanjangan dari “Juga amat hebat”

SeringkaliJumat menjadi hari yang kurang produktif karena sudah mendekati Sabtu,sehingga pikiran sudah ke hari libur. Mengapa menyia-nyiakan satu haridalam hidup kita? Bagaimana kalau kita menjadikannya hari Jumat yangJuga Amat Hebat? Bagaimana kalau kita menggunakan hari ini untukmengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang tertunda? Memeriksa surat masuk?Mengevaluasi hari-hari kemarin? Mengatakan hal-hal indah yang belumsempat dikatakan?

6. Sabtu
• Adalah kepanjangan dari “Saatnya bersatu”

HariSabtu bisa menjadi hari yang produktif atau tidak produktif. Semuanyatergantung diri sendiri. Seorang Pengusaha justeru paling produktif dihari Sabtu karena dia bisa memeriksa semua pekerjaan, memantau hasilkerja karyawan, mencari ide baru, dan puluhan kegiatan lain yang sangatbermanfaat. Bahkan dia membuat hari Sabtu sebagai hari dimana diamendengarkan semua masalah yang dihadapi anak buahnya. Orang tua yanglibur dan ingin membina kedekatan dengan anak-anaknya bisa memanfaatkanhari Sabtu untuk bermain bersama, berenang, makan bareng, membersihkanrumah bersama atau jalan-jalan. Daripada hanya duduk dan masing-masingnonton acara tv kesukaannya tanpa adanya komunikasi. Pasangan yangsaling mencintai bisa menggunakan hari ini untuk saling mengerti bukanhari untuk bertengkar.

7. Minggu
Adalah kepanjangan dari “Mari ingat berkah seminggu"

HariMinggu bisa dijadikan hari bermalas-malas atau bisa juga menjadi hariuntuk mengevaluasi diri kita. Untuk mengevaluasi sikap kita. Apa yangtelah dilakukan dalam seminggu? Apa yang salah? Apa yang benar? Apayang dapat kita lakukan lebih baik minggu depan? Apa rencana baru yangperlu dibuat? Bagaimana supaya minggu depan lebih sukses? Bagaimanacaranya bekerja lebih baik? Bagaimana caranya agar tidak terlambatmasuk kerja? Dan seribu satu kegiatan lain. Dengan demikian hari Seninakan kita nantikan dengan semangat karena kita telah punya rencana yangakan diterapkan. Hari Senin menjadi awal minggu depan yang lebih sukses.

sumber: http://all-mistery.blogspot.com/2010/03/arti-hidup-kita-dalam-7-hari.html

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More