Sabtu, 27 Maret 2010

Misteri Kutukan Superman

Adabeberapa pembaca yang meminta saya untuk menulis mengenai UrbandLegend. Walaupun menarik, Urban Legend mungkin lebih didominasi mitosdibanding fakta kebenaran. Namun, untuk memenuhi permintaan itu, sayatelah memilih satu kisah Urban Legend yang berkisar pada salah satutokoh favorit saya, yaitu tentang kutukan di sekitar film Superman.Ingat, saya tidak menyajikan tulisan ini sebagai sebuah kebenaran yangharus dipercayai, melainkan hanya sebagai informasi "sekedar tahu".



Urban Legend adalah mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran.Kebanyakan Urban Legend berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan,humor atau bahkan kisah moral. Urban Legend tidak selalu berarti kisahbohong, namun, sama seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut,Urban Legend juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebihsensasional. Di Indonesia, kisah yang bisa dianggap sebagai UrbanLegend contohnya adalah rumah pondok indah, terowongan casblanca, rumahgurita di Bandung dan lain-lain.

Sebenarnya, selain kutukanSuperman, ada banyak Urban Legend atau kepercayaan lain yang melibatkankutukan. Contohnya adalah kutukan yang menimpa presiden Amerika Serikatsejak Abraham Lincoln sehingga setiap 20 tahun, presiden Amerika akanterbunuh atau meninggal pada saat masih menjabat (Dan ini benar-benarterjadi). Kutukan ini dipercaya berakhir pada masa Ronald Reagen.

Lalu ada lagi kutukan keluarga Kennedy,kutukan keluarga Bruce Lee, atau yang paling heboh belakangan ini,kutukan penerima Oscar yang konon setelah menerima Oscar akan mengalamiperceraian.

Kutukan Superman adalah sebuah kepercayaan kalausuatu malapetaka akan menimpa orang-orang yang terlibat dalam karakterSuperman yang disajikan berbagai media, terutama film.

Kutukan ini pada dasarnya berbunyi:
"Jikakamu berniat untuk memerankan manusia terkuat di dunia, maka kamu akanberakhir dengan kematian atau berada pada posisi yang terlemah."
Kutukan ini konon bermula dari pencipta karakter Superman sendiri, Jerry Siegel dan Joe Shuster.

Siegel dan Shuster
Siegeldan Shuster menciptakan tokoh Superman pada tahun 1938. Namun, pemeganghak cipta atas karakter itu adalah perusahaan tempat mereka bernaung, DC Comics.Pada tahun 1946, kedua orang tersebut menuntut DC Comics karena merasadiberi kompensasi yang kurang atas keberhasilan karakter itu.Pengadilan New York akhirnya memutuskan untuk memberikan penyelesaianmaksimal $60.000 untuk masing-masing. Jumlah ini tentu saja sangatkecil dibanding jutaan dolar yang didapat dari Superman.



UsahaSiegel dan Shuster berlanjut hingga tahun 1975 ketika keduanyamengorganisir protes yang diikuti oleh penulis komik lainnya. DC Comicsakhirnya setuju untuk membayar keduanya uang pensiun senilai $35.000pertahun seumur hidup dan akan menyebut nama keduanya untuk setiappenggunaan karakter Superman.

Selain Superman, Siegel danShuster tidak pernah lagi menciptakan tokoh sekelas Superman. Ada yangmengatakan kalau keduanya marah dan mengutuk karakter itu karenaketidakadilan yang diterima.

Di bawah ini adalah para tokoh yang dianggap mengalami malapetakan karena kutukan Superman:

The Fleischer Brothers
Maxdan David Fleischer adalah dua kakak beradik yang menciptakan studioFleischer yang memproduksi film kartun Superman. Beberapa waktu setelahmenayangkan film tersebut, Flescher bersaudara mulai bertengkar satusama lain yang menyebabkan studio tersebut jatuh kedalam kesulitankeuangan sehingga terpaksa dijual ke Paramount Studio. David akhirnyabisa meneruskan karir sebagai penasehat spesial efek di UniversalStudio, namun Max meninggal dalam kondisi melarat.

Kirk Alyn

KirkAlyn memerankan Superman dalam dua film pada tahun 1940an. Setelah iamemerankan film itu, karir aktingnya tamat karena dianggap terlaluidentik dengan tokoh Superman. Akhirnya ia pensiun dan pindah keArizona.

Iamuncul sebagai cameo dalam film Superman tahun 1978 sebagai ayah LoisLane. Tahun 1999, ia meninggal dunia setelah terjangkit penyakitAlzhiemer.

George Reeves
Sebelum Christopher Reeve, pemeran Superman adalah George Reeves yang memerankan tokoh ini di film "Superman dan the Mole Man" pada tahun 1941.


Padatanggal 16 Juni 1959, hanya beberapa hari sebelum hari pernikahannya,Reeves ditemukan tewas akibat luka tembak di kepala. Sebuah pistolditemukan didekatnya. Kematian itu disimpulkan sebagai bunuh diri.

Christopher Reeve
Christopher Reeve memerankan Superman dalam film Superman: The Movie (1978), Superman II (1980), Superman III (1983) hingga Superman IV: The Quest for peace (1987).


Padatanggal 27 Mei 1995, Reeve jatuh dari kudanya dan lumpuh dari leher kebawah. Setelah peristiwa itu, Reeve menghabiskan hidupnya dengan kursiroda hingga meninggal pada 10 Oktober 2004 akibat gagal jantung.

Duatahun setelah kematian Christopher, Istrinya, Dana Reeve, jugameninggal pada 6 Maret 2006 di usia 45 tahun akibat kanker paru-paru.

Margot Kidder
MargotKidder adalah Lawan main Christopher Reeve yang memerankan tokohsentral, Lois Lane. Setelah bermain di film itu, ia didiagnosa mengidapBipolar Disorder.


Pada April 1996, ia menghilang selama beberapa hari dan ditemukan oleh polisi dalam kondisi paranoia dan delusi.

Marlon Brando
Marlon Brando adalah seorang aktor Holywood terkenal yang memerankan Jor-El, ayah biologis Clark Kent di film Superman: The Movie (1978). Marlon mengalami banyak tragedi dalam kehidupannya.


PadaMei 1990, putra pertama Brando, Christian, menembak dan membunuh DagDrollet, kekasih saudari tiri Christian, Cheyenne Brando, di rumahnyadi Beverly Hills. Christian mengklaim kalau peristiwa itu adalah sebuahkecelakaan. Namun, pengadilan memutuskan 10 tahun penjara baginya.Christian meninggal 18 tahun kemudian pada usia 49 tahun.

Tahun 1995, Cheyenne yang masih depresi atas kematian Dag Drollet bunuh diri dengan menggantung diri. Usianya baru 25 tahun.

MarlonBrando sendiri mengalami hidup yang tak kalah susah. Karena banyaknyatragedi dalam kehidupannya, ia mulai mengasingkan diri dari gemerlapHolywood. Pada tanggal 1 Juli 2004, Brando meninggal pada usia 80 tahunkarena pulmonary fibrosis. Ia juga diketahui mengidap kanker hati, gagal jantung dan diabetes yang menyebabkan ia hampir mengalami kebutaan.

Lee Quigley
Lee Quigley memerankan bayi Kal-El di film Superman Tahun 1978.

Ia meninggal pada bulan Maret 1991 di usia yang sangat muda, yaitu 14 tahun, karena menghirup gas aerosol yang berbahaya.

Richard Pryor

RichardPryor memerankan salah satu tokoh jahat di film Superman III. Tigatahun setelahnya, ia didiagnosa menderita multiple sclerosis. Iameninggal pada 10 Desember 2005 karena gagal jantung.

Mariel Hemingway
Mariel Hemingway adalah salah satu artis yang turut bermain dalam film Superman IV: The Quest for Peace (1987).Pada 2 Juli 1996, kakak Mariel yang bernama Margaux ditemukan tewaskarena overdosis. Ia berusia 41 tahun. Walaupun peristiwa itu dianggapsebagai bunuh diri, Mariel tidak mempercayainya.

Mark Pillow
Mark Pillow adalah aktor yang memerankan Nuclear Man di film Superman IV: The Quest For Peace (1987).Peran itu adalah debut pertamanya di dunia akting. Namun, setelah peranitu, karirnya tamat dan tidak pernah bermain film lagi.


Nasib mirip juga dialami John Haymes Newton, Gerard Christopher dan Stacy Haiduk yang bermain dalam seri Superboy antara 1988-1992.

Lex Luger

Lex Luger adalah seorang pegulat pro yang pernah muncul dalam sebuah peran di film New Superboy di tahun 2007. Ia kemudian mengalami kerusakan syaraf yang membuatnya lumpuh.

Lane Smith

LaneSmith memerankan Perry White, bos Clark Kent dan Lois Lane di film seriTV Lois and Clark. Belakangan, ia didiagnosa mengidap penyakit langka Lou Gehrig dan meninggal pada tanggal 13 Juni 2005.

Jeph Loeb
Jeph Loeb, penulis naskah seri TV Smallville, kehilangan putranya, Sam Loeb, karena kanker.

Mereka yang Lolos dari kutukan
Dantentu saja, namanya juga Urban Legend, menarik, tapi tidak bisadianggap sebagai sebuah kebenaran. Mereka yang menolak kepercayaan inimenyatakan kalau tokoh-tokoh yang pernah bersinggungan dengan Supermanjuga banyak yang mengalami peningkatan karir, seperti:

Gene Hackman yang memerankan Lex Luthor di Superman I, II dan IV mengalami kesuksesan karir yang luar biasa setelah film tersebut.

Terence Stamp yang memerankan Jenderal Zod di Superman I dan Superman II juga mengalami karir yang sukses.

Dean Cainyang memerankan Superman dalam film Lois and Clark juga mengalamipeningkatan karir setelah perannya dalam film itu. Ia mendapatkanbeberapa peran yang baik dalam film seri Frasier dan Law & Order.


Teri Hatcheryang menjadi Lois Lane di film seri TV Lois and Clark mengalamikesuksesan karir yang luar biasa setelah bermain dalam film itu. BahkanIa menerima penghargaan untuk perannya dalam film seri desperate housewives.

Untuk film Superman terakhir (Superman Returns), kita juga tidak mendengar adanya bencana yang menimpa Brandon Routh, Kate Bosworth dan Kevin Spacey.


Bahkan Brandon Routh telah menandatangani kontrak dengan Warner Bros untuk membuat sekuel film tersebut yang berjudul Superman Lives. Kedengarannya seperti sebuah karir yang bagus.

Atau, kita juga tidak mendengar adanya bencana yang menimpa pemeran utama dalam film seri Smallville
seperti Tom Welling atau Kristin Kreuk.

SoalTom Welling, ada yang menarik. Beberapa orang percaya ia lolos darikutukan Superman karena di film seri Smallville, ia tidak mengenakankostum Superman.


Malahjadi aneh, kalau kutukan menimpa seseorang karena memakai kostumSuperman, mengapa Dean Cain atau Brandon Routh tidak mengalaminya?

Lalu,mengapa aktor lain yang tidak mengenakan kostum Superman seperti MargotKidder atau Lee Quigley bisa kena dengan kutukan ini?

Bagaimanadengan ribuan orang lain yang turut serta dalam pembuatan film Supermansejak tahun 1940an hingga sekarang? Mengapa mereka tidak terkenakutukan?

Jika melihat dari faktor ini, maka saya rasa kutukanSuperman mungkin hanya memiliki kombinasi kebetulan yang cukup baikuntuk menjadikannya sebagai salah satu Urban Legend paling terkenal didunia. Seperti yang saya katakan, informasi ini hanya untuk "sekedartahu".
(wikipedia)

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More