Minggu, 21 Maret 2010

Seperti Inikah Proses dan Tanda Kematian Manusia

Semua yang hidup pasti akan mati. Seperti apa proses kematian yang nantinya akan dialami oleh setiap makhluk hidup?

Tidakmudah memang memprediksikan secara tepat kapan seseorang akanmeninggal. Kematian itu sendiri bisa disebabkan sakit, kecelakaan atausebab lainnya.

Padakondisi normal seperti orang sakit biasanya seseorang akan menunjukkangejala yang mengindikasikan bahwa hidupnya akan segera berakhirbeberapa minggu lagi seperti dikutip dari Mayoclinic, Kamis (18/3/2010) yaitu:

  1. Merasagelisah. Seseorang akan merasa tidak tenang serta sulit tidur, selainitu dia akan seringkali mengganti posisi saat tidur karena perasaangelisah.
  2. Menarik diri. Seseorang tidak ingin lagi terlibat dalam aktifitas sosial ataupun melakukan kegiatan favoritnya.
  3. Sering mengantuk. Seseorang akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur.
  4. Kehilangan nafsu makan. Seseorang hanya akan makan dan minum dalam jumlah sedikit dan berbeda dari biasanya.
  5. Mengalami jeda saat bernapas. Hal ini biasanya terjadi saat seseorang sedang tidur ataupun terjaga.
  6. Luka yang sulit sembuh. Luka atau infeksi yang dialami mengalami kesulitan untuk disembuhkan.
  7. Pembengkakan. Pada beberapa orang terjadi pembengkakan di daerah tangan, kaki atau bagian tubuh lain.
Proses sekarat mulai terjadi ketika tubuh tidak bisa mendapatkan asupanoksigen yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Sel yang berbedaakan memiliki kecepatan kematian yang berbeda pula, sehingga panjangnyaproses seseorang sekarat tergantung pada sel-sel yang kekuranganoksigen ini.
http://ibnujafar86.files.wordpress.com/2010/01/mati1.jpg


Sedangkanotak memerlukan oksigen dalam jumlah yang besar dan hanya memilikisedikit oksigen cadangan. Sehingga jika asupan oksigen berkurang makaakan mengakibatkan kematian sel dalam waktu 3-7 menit saja.

Beberapatanda yang ditunjukkan oleh orang yang sekarat adalah lebih banyaktidur, hal ini untuk menghemat energi yang tinggal tersisa sedikit ditubuh. Ketika energi tersebut hilang, maka seseorang akan kehilangannafsu untuk makan ataupun minum. Proses menelan pun menjadi sulit danmulut akan sangat kering, sehingga memaksa orang yang sekarat untukminum akan membuatnya tersedak.

Selainitu orang yang sekarat akan kehilangan kontrol pada kandung kemih danususnya, sehingga seringkali terlihat mengompol. Orang akan merasabingung, gelisah dan tidak tenang karena tidak dapat bernapas denganteratur. Ketika sel-sel di dalam tubuh mulai kehilangan sambungan, makaakan mengalami kejang otot.

Kematianakan semakin mendekat jika kaki dan tangan terasa dingin dan mulaisedikit membiru akibat terhentinya aliran darah ke daerah tersebut.Tapi lama-kelamaan akan semakin menyebar ke bagian tubuh atas sepertilengan, bibir dan kuku. Selain itu orang menjadi tidak responsif,meskipun matanya terbuka tapi memiliki tatapan mata kosong atau tidakmelihat sekelilingnya.

Setelahitu pernapasan akan terhenti sama sekali dan diikuti oleh berhentinyakerja jantung, maka secara klinis orang tersebut sudah mati karenatidak ada sirkulasi dan cadangan oksigen untuk bisa mencapai sel-sel ditubuh. Namun kematian klinis bisa dikembalikan melalui proses CPR(napas bantuan), transfusi atau ventilator. Tapi jika 4-6 menit setelahkematian klinis tidak ada perubahan, maka itu artinya jantung sudahtidak bisa bekerja lagi.

Karenajantung sudah tidak bekerja, maka secara otomatis aliran darah danoksigen ke seluruh tubuh dan otak juga akan terhenti. Akibat tidakadanya asupan oksigen dan darah ke otak, maka dalam hitungan beberapadetik otak juga akan mati dan disitulah akhir dari perjalanan hidupseorang manusia.

sumber: http://sehatzblog.blogspot.com/2010/03/seperti-inikah-proses-dan-tanda.html

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More