Rabu, 10 Maret 2010

Misteri Ningen - Makhluk raksasa humanoid dari Antartika

Dalambeberapa tahun ini, di Jepang beredar rumor mengenai keberadaan makhlukraksasa mirip manusia yang mendiami perairan es di Antartika. Makhlukmisterius ini disebut Ningen.



Entahkenapa, dalam beberapa hari ini, banyak yang meminta saya untuk menulismengenai Ningen. Saya menduga kalau seseorang pasti telah mengangkatkisah Ningen di forum-forum Internet (Kaskus misalnya) sehingga namaini menjadi lebih dikenal.

Okelah, saya tulis soal Ningen. Tapi,tidak akan banyak berbeda dengan blog lain karena informasi mengenaiNingen sangat terbatas dan baru muncul dalam 3 tahun ini. Jadi, harapmaklum. Saya juga minta maaf kalau postingan ini menjadi lebih beratloadnya karena banyaknya gambar dan adanya embed rekaman dari youtube.

Dalam galeri makhluk misterius, Ningen termasuk ke dalam "New Cryptid on the Block".Maksud saya adalah, Newbie dalam dunia Cryptozoology. Kisahnya hanyaberedar terbatas di Jepang. Karena itu, saya belum mengetahui ada ahliCryptozoology yang membahasnya.

Ningen, dalam bahasa Jepang berarti "manusia".Nama ini muncul karena wajah makhluk ini yang disebut mirip dengan rupamanusia. Penampakan makhluk ini pertama kali dilaporkan oleh para awakkapal penelitian ikan paus milik pemerintah Jepang.

Menurutmereka yang menyaksikannya, Ningen memiliki tubuh berwarna putihseluruhnya dengan panjang sekitar 20-30 meter. Makhluk itu jugamemiliki rupa seperti manusia, memiliki kaki, lengan dan bahkan telapaktangan dengan lima jari. Kadang para saksi mata juga melihat makhlukitu memiliki sirip dan ekor seperti putri duyung. Satu-satunya fiturwajah yang bisa terlihat dari ningen adalah mata dan mulutnya.

Menurutsalah satu kesaksian, para anggota kru kapal pada awalnya melihatsebuah objek di kejauhan yang dikira sebagai kapal selam asing. Ketikaobjek itu mendekat, semakin jelas bahwa bentuk objek yang tidak biasaitu bukan buatan manusia - objek itu hidup. Tak berapa lama kemudian, makhluk itu dengan cepat menghilang ke dalam air.

Ningenpaling sering muncul pada malam hari sehingga membuatnya sangat susahdipotret. Makhluk ini kadang juga bisa terlihat seperti bongkahan es,walaupun disebut memiliki kulit halus seperti manusia.

Foto-fotodi bawah ini beredar luas di internet dan disebut sebagai foto Ningen.Tapi mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kumpulan foto-foto dibawah ini sebenarnya hanyalah Ilustrasi yang dibuat dengan photoshop,bukan foto yang sebenarnya.


Laporanmengenai Ningen ini pertama kali di ceritakan oleh seseorang disebuahforum internet 2channel di Jepang yang mengatakan bahwa ia mendengarcerita ini dari seorang temannya yang bekerja untuk kapal penelitianpaus pemerintah Jepang.

Kisah ini menjadi lumayan populersehingga majalah MU, sebuah majalah paranormal Jepang, mempublikasikansebuah artikel mengenainya pada bulan November 2007.

Dalammajalah itu, ada beberapa spekulasi mengenai Ningen yang disebutmendiami laut bagian selatan. Screen Shot dari Google Map yang beredarluas di web-web Indonesia dan disebut menampakkan sosok Ningen jugaberasal dari majalah itu.


Screen Shot itu berasal dari Laut atlantik selatan di pantai Namibia. Kordinatnya adalah 27°36'14"S/15°29'20"E.

Apakah citra putih itu Ningen ?

Hmm, menurut saya tidak. Citra itu lebih mirip buih ombak. Karena efek Pareidolia,kita menganggapnya sebagai Ningen. Lihat sekali lagi gambar dari googlemap tersebut. Ini dari jarak pandang yang lebih jauh. Citra putih kitaditandai dengan huruf A. Tidak terlihat ? tidak apa, tapi lihat, citraputih lainnya memenuhi sekelilingnya. Jadi, menurut saya bila iaberbentuk seperti makhluk hidup, itu hanyalah sebuah kebetulan.


By the way, Pareidoliaitu adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan sebuah stimulusambigu dan acak (umumnya gambar atau suara) dan dipersepsikan sebagaisebuah bentuk yang signifikan.

Fenomena ini sering kitaalami dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika kita melihat citrakelinci di bulan atau segumpal awan yang berbentuk kucing.

Hinggasaat ini tidak ada bukti yang solid mengenai keberadaan Ningen. Jadistatusnya kurang lebih sama seperti putri duyung. Ada laporan, tidakada bukti, misterius.

Namun, beberapa orang percaya bahwa pemerintah Jepang sebenarnya mengetahui keberadaan makhluk ini namun menolak untuk mempublikasikannya. Hmm, malah berubah menjadi teori konspirasi.

Jika kita mengabaikan teori konspirasi, adakah kemungkinan para pelaut Jepang itu salah mengidentifikasi ?

Bisa saja. Memang ada makhluk laut yang memiliki wajah mirip dengan manusia, yaitu Ikan Pari.


Karenakemiripan ini pula, para pelaut sering menganggap ikan pari sebagaimonster atau setan laut. Tapi tentu saja tidak ada ikan pari yangmemiliki panjang 20-30 meter. Pari Manta yang dianggap sebagai pariterbesar di dunia hanya memiliki panjang sekitar 7-8 meter.

Atau, mungkinkah Ningen adalah gurita yang salah identifikasi ? Gurita memiliki kepala bulat dan lengan panjang.


Atau kemungkinan terakhir :

Pernahkah kalian mendengar pepatah yang berbunyi "Jikaseekor hewan memiliki bentuk seperti bebek, berjalan seperti bebek,mengeluarkan suara seperti bebek, maka hewan itu kemungkinan besarmemang bebek."

Mungkinkah Ningen memang benar-benarbongkahan es yang salah identifikasi ? Lagipula, katanya Ningenbiasanya terlihat pada malam hari. Bukankah kemungkinan salahidentifikasi sangat besar ?

Tapi, saya belum pernah menjelajahilautan luas dan menyelam hingga ke dasar samudera. Saya juga belumpernah melihat semua makhluk yang bernafas di dalam lautan. Jadi sayatidak bisa mengatakan dengan yakin bahwa Ningen tidak ada. Di suatutempat di samudera, mungkin memang ada Ningen yang sedang bersantai ria.

Begitulah dunia Cryptozoology, misterius dan penuh tanda tanya.

 
 
 
Bisakah kalian menebak identitas makhluk di dalam rekaman itu ? Atau kalian menganggapnya sebagai hoax ?
 
 
 
sumber: enigma

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More