Rabu, 10 Maret 2010

10 Ledakan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah


Ledakan,apapun bentuknya merupakan sebuah bencana dalam sebuah kehidupan. Dalamkasus tertentu ledakan dapat menewaskan ribuan orang dan jugamenimbulkan korban jiwa yang hidup sengsara. Di postingan kali ini akanmenghadirkan 10 besar ledakan yang pernah tercatat dandiketahui oleh manusia. beberapa diantara nya terjadi di bumi danterdokumentasi dengan baik secara visual maupun transkrip sejarahpenelitian ilmuwan ilmuwan (ledakan prasejarah), dan sisanyaadalah ledakan yang terjadi di luar bumi yang terekam oleh penelitianpenelitian dari kajian tentang asal muasal alam dan tata semesta jagadraya ( big bang). Di sini urutan dimulai dari ledakan "terkecil" yangterjadi di bumi dan diakhiri dengan ledakan kejadian alam semesta diurutan nomer wahid. Oke selamat membaca dan semoga menambah khasanahpengetahuan teman teman semua nya. Let's Start

10.The Texas City Disaster.
Kebakarankapal kargo SS.Grandcamp pada saat merapat di texas tahun 1947,meledakkan 2.300 Ton Amonium nitrat yang merupakan suatu senyawa yangdigunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi. Ledakan bahkanmenghempaskan dua pesawat yang sedang terbang dan memicu reaksiberantai meledakkan kilang minyak dan juga kapal kapal kargo lain disekitarnya yang membawa 1.000 ton amonium nitrat. Bencana menewaskansekitar 600 orang dan melukai sekitar 3.500, dan umumnya dianggapsebagai kecelakaan industri terburuk dalam sejarah AS.

Gambar ledakan texas
9. The Halifax Explosion
.
Padatahun 1917, sebuah kapal kargo Prancis yang sarat muatan bahan peledakuntuk Perang Dunia I bertabrakan dengan sebuah kapal Belgia dipelabuhan Halifax, Kanada.Kapal Itu meledak dengan kekuatan lebihdaripada ledakan bom buatan manusia ledakan sebelum itu, yaitu setaradengan sekitar 3 kiloton TNT. Ledakan membuat asap putih mengepulsetinggi 20.000 kaki (6.100 meter) di atas kota dan memicu tsunamimencapai setinggi 60 kaki (18 meter). Selama hampir 1,2 mil (2 km) yangmengelilingi pusat ledakan, kehancuran total, dan sekitar 2.000 orangtewas dan 9.000 terluka. Hempasan pecahan kaca akibat ledakan yangmenggema di kota kota sekitarnya telah membutakan ribuan orang, bahkanjangkar kapal terlempar berpuluh puluh kilo dari tempat awalnya.

Ledakan di Halifax yang menyebabkan banyak rumah hancur lebur rata dengan tanah

8. Ledakan Chernobyl,
Padatahun 1986, sebuah reaktor nuklir di Chernobyl Ukraina (soviet)meledak. Itu adalah kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah. Ledakan,yang menghempaskan 2.000 ton tutup reaktor, mengirimkan 400 kali lebihtinggi efek radioaktif dari pada bom atom Hiroshima,mengkontaminasi lebih dari 77.000 mil persegi (200.000 km persegi) diEropa. Kira-kira 600.000 orang yang terkena radiasi dosis tinggi, danlebih dari 350.000 orang harus diungsikan dari daerah yangterkontaminasi. kebetulan ledakan ini juga pernah saya bahas di Blogsaya ini.
Ledakan Chernobyl meninggalkan horor tersendiri sehingga wilayah itu sampai hari ini seperti kota mati

7. The Trinity Blast,
Bomatom pertama dalam sejarah, dijuluki "the gadget," diledakkan di SitusTrinity dekat Alamogordo, NM, pada tahun 1945, meledak dengan kekuatansekitar 20 kiloton TNT. Senjata nuklir kemudian berakhir pada eraPerang Dunia II dan menggiring dalam dekade ketakutan penghancurannuklir ( Hiroshima Nagasaki bombing). Para ilmuwan baru-baru inimenemukan bahwa warga sipil di New Mexico telah terdampak ribuan kalilebih tinggi akibat radiasi dari batas yang direkomendasikan.
Ledakan trinity blast

6. Ledakan Tunguska,
Ledakanmisterius di dekat Podkamennaya Sungai Tunguska pada tahun 1908 yangmembuat rata sekitar 500.000 hektar (2.000 kilometer persegi) hutan Siberia,daerah hampir ukuran kota Tokyo. Para ilmuwan berpendapat bahwa ledakanitu disebabkan oleh dampak kosmik dari sebuah asteroid atau kometmungkin 65 meter (20 meter) dengan diameter 185.000 metrik ton padamassa - lebih dari tujuh kali dari kapal Titanic. Ledakan yang dihasilkan bisa saja sekuat empat megaton TNT - atau 250 kali lebih kuat daripada bom atom dijatuhkan di Hiroshima.
Situs ledakan tunguska
5. Ledakan Mount Tambora,
Padatahun 1815, Gunung Tambora di Indonesia meledak dengan kekuatan sekitar1.000 megaton TNT, letusan gunung berapi terbesar yang tercatat dalamsejarah. Ledakan melempar keluar sekitar 140 miliar ton magma dan tidakhanya menewaskan lebih dari 71.000 orang di pulau Sumbawa dan Lombokdi dekatnya, tetapi abu itu dikabarkan menciptakan perubahan iklimglobal. Tahun berikutnya, 1816, menjadi dikenal sebagai Tahun tanpamusim panas, salju jatuh pada bulan Juni di Albany, NY, sungai es terlihat pada bulan Juli di Pennsylvania, dan ratusan ribu orang meninggal karena kelaparan di seluruh dunia
Gambar sebuah berita yang menggambarkan dahsyatnya ledakan tambora
4.The K-T Extinction Impact Event,
Berakhirnyaera Dinosaurus, diakhiri dengan bencana yang diperkirakan terjadi 65juta tahun yang lalu dan membunuh kira-kira setengah dari semua spesiesdi planet ini. Meskipun penelitian menunjukkan planet ini di ambangkrisis lingkungan sebelum Cretaceous-Tersier atau kepunahan KT ,Menurut beberapa peneliti kemungkinan situs Tumbukkan kosmikmenimbulkan kawah selebar 110 mil atau 180 Km Chicxulub, wilayah bagianMeksiko.
Gambar illustrasi pada saat berakhirnya era dinosaurus
3. Comet Shoemaker-Levy 9.
KometShoemaker-Levy 9 dengan Jupiter bertabrakan secara spektakuler padatahun 1994. Planet raksasa merobek tarikan gravitasi komet menjadifragmen-fragmen terpisah hingga menjadi 1,8 mil (3 km) lebarnya, dandan comet tersebut bergerak menghantam pada kecepatan 37 mil (60 km)per detik. Tabrakan terbesar itu menciptakan sebuah bola api yang naiksekitar 1.800 mil (3.000 km) di atas cloudtops Jovian dan membuatkegelapan total di lebih dari 7.460 mil (12.000 km) ukuran Bumi - dandiperkirakan memiliki daya ledak dengan kekuatan 6.000 gigatons TNT.
Gambar illustrasi tumbukan antara meteor levy dan Jupiter
2. Shadow-casting Supernova,
Supernovaadalah gugusan bintang-bintang yang sering meledak, dan menimbulkancahaya terang dari semua galaksi yang ada. Supernova paling terang yangtercatat dalam sejarah itu terlihat di konstelasi Lupus (istilah latinuntuk serigala) pada musim semi 1006. Ledakan emas yang luar biasa yangsekarang dikenal sebagai SN 1006 berlangsung kira-kira7.100 tahun cahaya, sangat terang hingga cukup untuk membava danmenulis pada malam hari bahkan tetap terlihat selama berbulan bulanpada waktu siang hari.
Supernova Blast
1. The Farthest Recorded Explosion,
Pancaransinar gamma adalah paling kuat yang pernah diketahui di alam semesta.Sinar yang memancar dari area yang sangat jauh namun terlihat, adalah GRB 090423,menjangkau “dunia” kita dari kejauhan 13 Milyar tahun cahaya ! daribumi. Ledakan tersebut, yang hanya terekam kurang dari 1 detik,melepaskan energy lebih dari 100 kali energy yang dilepaskan olehmatahari selama 10 M. Dan teori menyatakan dari ledakan Big Bang inilahtata surya dan alam semesta ini tercipta.


gambar runtut proses terjadinya semesta lewat big bang

Itulah10 list ledakan ledakan yang pernah tercatat, ada dua ledakan besaryang pada awalnya saya fikir masuk list ternyata tidak, yaitu Letusankrakatoa (gunung krakatau) dan bom atom Hiroshima. bisa dibayangkankalau ledakan diatas sangat hebat dan dahsyat. jika mengacu pada korbanjiwa, maka memang Hiroshima Nagasaki memakan korban jiwa lebih besarkarena di jatuhkan tepat diatas pemukiman padat penduduk. Ledakandahsyat juga pernah di uji coba kan dalam sebuah eksperimen sepertioperasi Upshot-Knothole

Dilakukandi Nevada Proving Ground antara Maret 17 and Juni 4, 1953, mengetes bomjenis beru yang menggunakan teori fission dan fusion. Rumah dalamgambar terletak 3500 kaki dari pusat ledakan, kameranya sendiridilindungi lapisan setebah 2 inchi, hanya butuh 2,6 detik saja dariawal bom tersebut meldak sampai ledakannya menghancurkan rumah tersebut

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More