Rabu, 10 Maret 2010

Inbox: Dua Objek Putih Misterius Di atas Klaten Tertangkap Google earth

Sayamendapat pertanyaan menarik. Email di bawah ini berasal dari RizkaWibowo (middlefinger_slo@yahoo.com). Isinya mengenai objek putih besaryang tertangkap Google Earth melayang di atas kota Klaten.



Hallo bang enigma...
Namagw Rizka n beberapa hari yang lalu gw nyoba surfing di Google Earth andakhirnya gw menemukan 2 benda yang sangat (bagi Gw) misterius..


Bendaini terlihat seperti terbang diatas kota ini (Klaten- Jateng).Bentuknya agak unik dan aneh, yang satu panjang dan yang satu pendek.

white image 1

White image 2

Persamaandiantara keduanya adalah benda ini sama-sama memantulkan cahaya yangsangat terang apabila dibandingkan dengan pantulan dari benda/bangunanapapun disekitarnya. Kemudian benda ini seperti menuju pada arah yangsama, dan kedua benda ini apabila dizoom sama-sama memiliki bayangandisekitarnya....

Gw bingung n sampai gw liat blog lu..nah, gw pengen sharing ama lu mengenai apa sebenarnya benda ini?


Apalagibenda ini menurut gw BUKAN MERUPAKAN BANGUNAN dan apabila dibandingkandengan bawahnya, benda ini menimpa dan mengambang di atasbangunan-bangunan lain di kota tersebut.


Kira-kira bisa menjelaskan gak?


Tolong ya bro...n afterall thanks b4...oke


Catatan :

Pertama,screen shot di atas bukan hasil rekayasa. Saya sendiri telahmengkonfirmasinya dengan google earth dan kedua objek putih tersebutmemang ada. Kalian juga bisa mengeceknya di kordinat di bawah ini :

White Image 1 : 7°42'19.88"S 110°35'58.15"E

White Image 2 : 7°42'36.10"S 110°36'7.75"E

Objek apakah itu ?

Jikakita membandingkannya dengan rumah di bawah, maka kita bisamenyimpulkan kedua objek tersebut berukuran besar. Melihat dari arahdan susunannya yang tidak beraturan, jelas objek tersebut bukan bagiandari bangunan di darat. Objek itu juga menutupi bangunan di bawahnyasehingga kita bisa menyimpulkan bahwa objek putih tersebut berada diatas rumah-rumah, atau bisa kita sebut melayang/terbang di atas rumah.

Lalupertanyaannya adalah, apakah ada dua kapal induk raksasa tidak dikenalsedang terbang di atas kota Klaten ? Saya tidak bisa memastikannya.Tapi saya punya teori.

Sebelumnya, mari kita lihat beberapafakta menarik mengenai kedua objek di foto itu. Pertama, kita akanmelihat persamaan diantara kedua objek tersebut.

Kita tahu bahwakeduanya berwarna putih. Lalu keduanya memiliki lekuk yang miripwalaupun panjangnya berbeda. Keduanya sama-sama memiliki bagian ujungsatu yang lebih gelap dibanding ujung lainnya. Keduanya juga memilikibayangan yang kalau dalam film sci fi seperti perisai medan energi yangmelindungi pesawat dari serangan musuh. Dan terakhir. Kedua objektersebut sama-sama ada di atas Klaten dengan jarak yang tidak terlalujauh.

Namun, ketika saya melihat dua gambar tersebut, sayamerasa kalau itu bukan objek terbang tak dikenal. Jika gambar googleearth ini adalah sebuah foto, maka bagi saya, dua objek putih tersebut terlihat seperti tumpahan cat putih.

Perkiraan saya, kedua objek putih tersebut adalah gambar satelit yang rusak.

Sayapernah membaca beberapa kasus dimana terdapat foto google earth yangrusak dan menimbulkan kesalahpahaman. Tapi memang saya tidak pernahtahu ada kasus kerusakan foto yang menyebabkan adanya objek putihseperti foto di atas. Biasanya kerusakan hanya berupa garis patah padafoto, warna yang tidak jelas, blur dan lain-lain.

Tapi bisa sajaini contoh kerusakan yang baru. Bukti lain yang membuat saya semakinyakin adalah : saya juga menemukan dua objek putih mirip di sekitarkota Klaten. Saya beri nama White Image 3 dan White Image 4. Ini kordinatnya :

White Image 3 : 7°42'42.22"S 110°36'43.58"E
White Image 4 : 7°42'36.21"S 110°36'36.87"E


Sayaberusaha mengambil screen shot masing-masing image dari jarak dekat,namun sepertinya fotonya blur sehingga kalian harus puas dengan fotojarak jauh tersebut. Tapi kalian bisa mengeceknya sendiri lewat googleearth lewat kordinat yang sudah saya berikan di atas.

Jika saya menyatukan keempat objek putih tersebut, maka susunannya akan menjadi sebagai berikut.


Duaobjek putih yang saya temukan juga memiliki karakteristik sama, yaitumemiliki bayangan perisai medan energi yang juga dimiliki White Image 1dan 2. Karena itu saya semakin yakin kalau objek-objek putih tersebut adalah foto yang rusak.

Tapi,ini tentu saja hanya perkiraan. Karena saya tidak mengerti cara kerjagoogle earth menampilkan foto bumi, maka saya tidak bisa memastikannya.

Lalu, saya memutuskan untuk menggunakan cara pemecahan yang lebih akurat.

Yang saya maksud adalah dengan langsung bertanya kepada sang pembuat Google Earth, yaitu Google sendiri. Mereka mengerti seluk beluk software yang mereka buat, pasti mereka lebih mengerti soal ini.

Jadi, pada jam 11 malam kemarin. saya mengirim dua email mengenai persoalan ini. Satu kepada google earth support center, dan satu lagi kepada google earth blog, sebuah blog yang membahas seluk beluk google earth (walaupun tidak terafiliasi langsung dengan goole).

Pagi ini, ketika saya memeriksa inbox email, saya menemukan keduanya telah memberikan email balasan.

Email pertama, datang dari earth.support@google.com

Laporansaya telah diterima dengan nomor laporan #609097673. Tapi, jawaban yangdiberikan sepertinya hanya merupakan jawaban standar perusahaan dandiberikan oleh sistem komputer otomatis dengan kalimat yang itu-itusaja. Namun, ada kalimat yang menarik dari jawaban itu, yaitu :

"We're aware that the imagery for some areas may appear blurry, contain cloud coverage, appear slightly discolored or out of focus.We strive to provide the clearest data possible so it's likely thatbetter resolution data is currently unavailable from our dataproviders. Once it becomes available, we'll surely update our database."

Jadi, google juga menyadari adanya kemungkinan gambar rusak yang dideskripsikannya dengan kata : "blurry, contain cloud coverage, appear slightly discolored or out of focus".

Sedangkandari Google earth blog, saya mendapatkan jawaban dari Mickey Mellen(mickey@gearthblog.com). Kali ini, yang menjawab memang manusia, bukansistem komputer.

Ini foto Mickey Mallen. Dalam google earth blog disebutkan bahwa Mickey telah terlibat dalam google earth sejak diluncurkan pertama kali. Ia juga pendiri dari Google Earth Hacks dan Digital Earth Blog. Jadi, paling tidak Mickey cukup mengerti soal Google Earth.


Ini jawaban dari Mickey :

"My best guess that it's just a distorted image of some kind. It might be a bad reflection off of something. It's hard to say for sure..."

"Perkiraanterbaik saya, itu adalah gambar sesuatu yang terganggu, mungkin jugarefleksi buruk dari sesuatu. Susah untuk mengatakannya dengan pasti..."

Ternyata Mickey juga tidak yakin. Saya kira Mickey pasti juga kebingungan karena ia menggunakan kata "some kind" dan "something" dalam sebuah kalimat singkat. Mungkin ia memang belum pernah melihat kerusakan foto yang seperti ini.

Tapi,paling tidak, perkiraan Mickey sama dengan saya, yaitu gangguan padafoto/gambar. Walaupun kita berdua tidak bisa memastikan bagaimana keduagangguan itu bisa tercipta.

Just a theory.

(Penyebutan Nama dan Email Rizka Wibowo sudah atas seijin yang bersangkutan)
 
 
 
SUMBER: ENIGMA

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More