Rabu, 27 Januari 2010

Video: Roy Suryo di Bantai di MetroTV










Jakarta:Ulah Roy Suryo, ahli teknologi informasi yang juga anggota Komisi IDPR, mengadukan Ruby Alamsyah ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)menuai protes dari banyak pihak. Roy Suryo dinilai berlebihan melakukanlangkah komplain ke KPI yang berisi komplain tayangan Metro TV yangberisi pemaparan Ruby Alamsyah seputar modus pembobolan anjungan tunaimandiri (ATM) dan cara-cara untuk menghindarinya. Laporan serupadilakukan Polri.

Menurut kriminolog dari Universitas Indonesia Erlangga Masdiana dalamdialog di Studio Metro TV di Kebon Jeruk, Jakart Barat, Selasa (26/1),langkah Roy terlalu berlebihan. Dialog di Metro TV itu menghadirkan RoySuryo, blogger Iwan Pilliang dan dipandu Fessy Alwi. Menurut Erlangga,Polri mustinya beterima kasih kepada Ruby Alamsyah dan Metro TV. "Jikadipersoalkan Ruby, persoalkan pula Metro TV dan televisi-televisi yanglain. Jika ia tidak diekspose media, dia tidak masalah. Laporkanmedianya? Berani nggak?" tanya Erlangga Masdiana.

Hal serupa ditegaskan oleh seorang blogger Iwan Pilliang. Menurut Iwan,apa yang dipaparkan ahli digital forensik Ruby Alamsyah semata-matapencerahan untuk publik. "Saya merasa sama sekali tidak diajari," kataIwan yang mengaku sudah melihat tayangan itu. Untuk mengajari, mustidipaparkan item per item dan detil. Mulai dari membeli, alatnya sepertiapa, bagaimana mengoperasikan dan seterusnya.

Menurut Iwan, ini semata-mata memberi pelajaran kepada publik. Apa yangdipaparkan Ruby Alamsyah bukan hal baru. Di Youtube bahkan hal sepertiitu diulas lebih detil. Iwan mengaku, Youtube memang bukan televisi."Tapi ini bukan hal baru. Yang dipaparan Ruby tidak teknis, dan poinper poin," kata Iwan.

Ulah Roy Suryo juag menuai protes pemirsa. Seorang pemirsa bernama Yoridi Tebet, Jakarta, menjelaskan yang dipaparkan Ruby Alamsyahsemata-mata pencerahan. "Jika mengkhawatirkan ini ditiru orang lain,tim sekuriti perbankan pasti sudah mengantisipasi," katanya. Iameminta, pihak yang memberi pembelajaran kepada publik disalahkan.

Setelah agak terpojok Roy Suryo membela diri. Menurut Roy, iamempersoalkan Ruby yang menyebut-nyebut sebagai staf ahli Mabes Polri."Padahal, ada bantahan dari Polri," kata Roy. Roby jugamempermasalahkan kartu bodong yang dipakai Ruby Alamsyah untuk peragaanpembobolan ATM. "Itu kartu ATM bodong bukti kasus di Polda MetroOktober 2009. Tidak boleh orang sipil memakai barang bukti digunakanuntuk membobol," kata Roy. Roy tetap berpendapat, apa yang dipaparkanRuby itu mengajarkan cara pembobolan, bukan cara warga awas terhadappembobolan ATM.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More