Rabu, 27 Januari 2010

Angel's hair - fenomena rambut malaikat yang misterius

Didalam sejarah keanehan dunia, fenomena ini mungkin termasuk yang palinganeh. Sejak ratusan tahun yang lalu, banyak saksi melaporkan melihatmateri putih seperti jaring laba-laba jatuh ke bumi. Ketika disentuh,materi tersebut umumnya akan segera menghilang begitu saja di udara.Fenomena yang saya maksud adalah Angel's Hair atau rambut malaikat.

Kalian sudah membaca mengenai Star Jelly di tulisan saya sebelumnya. Sekarang ada baiknya saya bercerita soal Angel's Hair.

Angel'sHair atau rambut malaikat (saya lebih suka sebutan ini dibanding bulumalaikat) adalah materi berbentuk seperti jaring laba-laba yangditemukan tidak lama setelah terjadi penampakan ufo. Sama seperti Star Jelly yang dipercaya dibawa oleh meteor, misteri angel's hair belum terpecahkan hingga saat ini.


(foto ini kemungkinan adalah foto hoax. Saya menggunakannya hanya untuk ilustrasi)

Fenomena ini sebenarnya bukan hal yang baru. Dalam buku yang berjudul "The Natural History of Selbourne"yang terbit pada abad ke-18, Gilbert White menceritakan bahwa padatanggal 21 September 1741 ia sedang berjalan menuju ladangnya di sorehari dan menemukan rerumputan menjadi lengket dan sepertinya diselimutioleh sarang laba-laba. Lalu pada pukul 9 malamnya, sebuah peristiwaaneh terjadi di wilayah itu. White menulis :
"Hujansarang laba-laba terjadi disitu dan terus berlanjut hingga hariberakhir. Kebanyakan materi yang jatuh bukan berupa benang laba-labayang sekedar mengapung, melainkan seperti serpihan-serpihan yangpanjangnya berkisar antara 5 hingga 6 inci. Materi-materi ituberjatuhan dengan kecepatan yang cukup tinggi, menandakan bahwa ialebih berat dibanding atmosfer bumi."
Setelah kisah itu diceritakan oleh White, fenomena serupa mulai dilaporkan dari seluruh dunia.

Misalnya, pada Oktober 1820, materi seperti sutra jatuh di kota Pernambuco, Brazil, dan menutupi wilayah seluas hingga 90 mil.


Padatahun 1881, sarang laba-laba yang berwarna sangat putih jatuh di GreenBay, Wisconsin. Bahkan ada sarang laba-laba dengan panjang hingga 60kaki yang ditemukan.


PenemuanAngel's Hair sepertinya terjadi di hampir seluruh dunia, mulai dariAmerika Serikat, Eropa, Australia dan Selandia Baru. Walaupunlaporan-laporan masyarakat mengenai fenomena ini telah dicatat sejakberabad-abad, namun baru pada tahun 1952-lah orang-orangmenghubungkannya dengan fenomena ufo.

Saatitu, tanggal 17 Oktober 1952, para penduduk di kota Oloron, Perancismelihat sebuah objek berbentuk silinder sedang terbang di langit dengansudut 45 derajat menuju arah barat daya. Objek itu diiringi oleh 30objek bulat yang lebih kecil.

Lalu para saksi melihat 30 objekkecil tersebut mengeluarkan materi berbentuk sarang laba-laba berwarnaputih. Materi ini tersebar dimana-mana, ada yang menutupi pohon, ataprumah hingga pekarangan rumah penduduk. Ketika para penduduk yang ingintahu menyentuhnya, materi ini berubah menjadi substansi berbentukgelatin dan menghilang begitu saja. Sepuluh hari setelah peristiwa itu,penduduk kota Galliac, juga di Perancis, mengalami fenomena yang sama.



Penampakanufo yang diiringi oleh hujan sarang laba-laba juga dilaporkan diAustralia pada tanggal 19 Agustus 1998. Saat itu, para penduduk kotaQuirindi, New South Wales, melihat 20 objek berbentuk perak melintasilangit. Beberapa saat kemudian materi seperti sarang laba-laba mulaiberjatuhan ke bumi. Peristiwa aneh ini mendapat liputan luas mediainternational.


Dalambanyak kasus, para ilmuwan mengalami kesulitan untuk meneliti angel'shair. Soalnya, materi ini segera menghilang ketika disentuh. Namun,pada tahun 1954, sejumput angel's hair berhasil diambil dan dibawa kelaboratorium.

Tanggal27 Oktober 1954, dua pria Italia bernama Gennaro Lucetti dan PietroLastucci sedang berdiri di balkon sebuah hotel di alun-alun St Mark diVenice. Tiba-tiba keduanya melihat dua objek terang berbentuk kumparanterbang melintasi langit. Objek-objek itu bergerak dengan kecepatantinggi dan meninggalkan jejak panjang berwarna putih terang. Tidakberapa lama kemudian, kedua objek tersebut membelok dan terbang menujuFlorence.

DiFlorence, saat itu sedang diadakan pertandingan sepak bola di salahsatu stadiun. Tanpa disangka, kedua objek misterius tersebut terbangmelintasi arena pertandingan. Semua pemain, wasit dan sekitar 10.000penonton terdiam menyaksikan objek-objek tersebut lewat di kepalamereka. Kemudian, setelah dua objek tersebut lenyap, materi-materiberbentuk seperti sarang laba-laba mulai berjatuhan ke dalam arena.

Parapenonton yang ingin tahu kemudian segera memungutinya. Namun ketikatangan mereka menyentuhnya, materi tersebut terurai dan lenyap diudara. Hanya seorang pelajar yang bernama Alfrede Jacopozzi yangberhasil mengambil sedikit sampel dan menyimpannya dalam sebuah tabung.Sampel ini kemudian diserahkannya ke Prof. Giovanni Canneri, direkturInstitute analisis kimia dari universitas Florence.

Lalupengujian materi mulai dilaksanakan oleh Prof. Danilo Cozzi, rekan ProfCanneri. Dari hasil pengujian, ditemukan bahwa materi tersebut adalahmateri yang berserat. Ketika dipanaskan, warnanya akan berubah menjadihitam dan menguap di udara dengan meninggalkan residu transparan yangsegera mencair. Sedangkan mengenai kandungannya, Prof Cozzi menemukanunsur Boron, Silikon dan Magnesium. Jika diterjemahkan dalam bahasakimia, maka materi itu kemungkinan adalah sejenis Kaca Boron Silikon,sesuatu yang tidak dikenal oleh sains.

Selainpenelitian yang dilakukan oleh tim Italia, seorang peneliti era Sovyet,LV Kirichenko, seorang ahli radiometri, juga pernah melakukanpenelitian dengan sampel yang didapat dari Selandia baru tahun 1967.Kesimpulan yang didapat menunjukkan bahwa materi tersebut adalah materiberserat yang berkualitas tinggi. Beberapa seratnya berdiameter kurangdari 0,1 mikron. Sebagian besar serat itu mengumpul dalam bundel-bundelyang berbeda hingga membentuk benang dengan diameter 20 mikron. Benangyang terbentuk berwarna putih dan transparan. Kirichenko tidak bisamenyimpulkan identitasnya karena ia tidak bisa menemukan materipadanannya. Namun ia percaya bahwa materi tersebut tidak dibentuk olehalam.

Walaupun umumnya angel's hair lenyap ketika disentuh,namun ternyata tidak semua laporan menyebutkan hal itu. Hal inidikarenakan angel's hair terdiri dari sekumpulan serat polymer yangcukup kompleks. Jadi proses terurainya materi ini sangat berkaitandengan kondisi atmosferik dan panas yang ada saat itu. Biladidinginkan, angel's hair ternyata tidak mengurai.


Nah,karakter dan kandungannya telah diidentifikasi. Lalu, pertanyaannya,materi apakah angel's hair ini dan darimanakah datangnya ? Disinilahmulai berkembang teori yang beraneka ragam. Ada dua bagian besar teoriyang diajukan, pertama dari para ufolog dan yang kedua adalah dariilmuwan (dan jelas bukan ufolog).

UfologAmerika bernama Charles Magney percaya bahwa materi tersebut adalahekses energi ufo yang termaterialisasi. Menurutnya lagi, materi sepertisarang laba-laba itu kembali ke dimensinya atau ke kontinuum ruang danwaktu lainnya sementara ia terurai di udara. Ufolog Inggris lainnyapercaya bahwa angel's hair adalah variasi dari ektoplasma yang munculselama sesi spiritualistik (percayalah, saya juga tidak mengertimaksudnya).

Ufologlainnya lagi percaya bahwa angel's hair disebabkan oleh energi yangdilepaskan ufo yang menyebabkan atom-atom di udara bereaksi satu samalain sehingga menghasilkan materi seperti sarang laba-laba yang jatuhke bumi dan menghilang ketika proses ionisasi terjadi.

Bagipara ilmuwan (dan sudah pasti bukan ufolog), materi itu dipercayasebagai sarang laba-laba yang terbawa oleh udara. Teori ini cukup masukakal. Dalam beberapa kesempatan, penemuan angel's hair yang ditelitimemang menunjukkan bahwa materi tersebut adalah sejumput saranglaba-laba, bahkan pernah ditemukan laba-laba di dalamnya. Lagipula kitajuga pernah mendengar mengenai hujan ikan dan kodok kan ? Lalu bukankahhujan sarang laba-laba menjadi sesuatu yang wajar ?

Tapi....teori sarang laba-laba tidak menjelaskan mengapa materi ini segera terurai ketika disentuh.

Teorilainnya yang populer adalah partikel debu yang terpolarisasi. Menurutsebagian ilmuwan, listrik yang ada di atmosfer bumi mungkin telahmenyebabkan partikel-partikel debu yang mengapung di udaraterpolarisasi hingga membentuk filamen yang panjang. Teori ini jugamasuk akal, namun tidak pernah bisa dibuktikan.

Jadidalam kasus Angel's Hair, alam dan segala keunikannya mendapat nilaisatu poin. Sedangkan sains dan ufolog dengan segala teorinya mendapatnilai nol.

Apabila digabungkan dengan Star Jelly, maka alam sudah mendapat nilai dua poin. setuju kan ?

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More