Sabtu, 06 Februari 2010

Giant Snakehead : Ikan monster dari pantai Inggris

Kitamengenal hiu dan piranha sebagai predator air paling ganas. Namunkelihatannya reputasi mereka mendapat saingan berat dari seorangpendatang baru. Seekor ikan liar yang lebih mematikan dibanding piranhadan telah membunuh orang baru-baru ini ditangkap di pantai Inggrisuntuk pertama kalinya.
The Giant Snakehead- disebut demikian karena tubuhnya yang panjang dan giginya yangmenakutkan tertangkap oleh seorang pemancing di Lincolnshire, Inggris.Giant Snakehead adalah salah satu spesies dari bermacam-macam jenisikan Snakehead.

Ikan ini diberi julukan "gangster"nya dunia ikan. Ia memakan apapun yang terlihat olehnya dan bahkandilaporkan telah membunuh manusia. Monster ini yang diduga berasal dariAsia Tenggara juga dapat merayap di daratan dan bertahan hidup tanpaair hingga 4 hari. Walaupunbaru ditemukan, ikan ini telah memiliki reputasi sebagai predator yangmenakutkan di beberapa bagian dunia. Di Amerika Serikat, ikan inidijuluki "Franken Fish" karena kelihatan seperti makhluk yang keluar dari film horor.
Ikanini pertama kali ditangkap oleh Andy Alder dari Lincoln. Tanpa sengajaia menangkap ikan sepanjang 60 cm ini ketika ia sedang memancing disungai Witham dekat Hykeham utara, Inggris. Dia berkata,"Ikan itu memiliki mulut penuh dengan gigi setajam silet. Sejujurnya, saya takut setengah mati."

Setelahditemukan, ikan ini bukan saja membuat panik para pemancing saja namunjuga para aktivis konservasi alam. Sebuah organisasi lingkungan hidupberkata bahwa apabila spesies ini berkembang biak, maka ia dapatmemusnahkan makhluk lain di dalam air dan mereka beranggapan bahwa iniadalah sebuah bencana besar. BenWeir, seorang wartawan dari majalah memancing berkata,"Selama hidupkubekerja di bidang pemancingan, aku belum pernah mendengar banyak suarakekuatiran seperti sekarang. Ikan ini nyata dan mereka tidaksegan-segan menyerang manusia untuk melindungi anak-anak mereka."

Paraahli telah meneliti foto-foto ikan ini dan mengkonfirmasi bahwa ikanini adalah predator sejati. Sekarang, ikan ini telah masuk dalam daftarhitam spesies yang dilarang untuk diimpor oleh Inggris. Ada kekuatiran bahwa ikan ini dapat diselundupkan untuk hewan piaraan akuarium dan kemudian dilepaskan secara ilegal. Salahsatu pemancing terkemuka didunia, Jean Francois Helias dari majalahAngling Adventures Thailand berkata bahwa ikan ini yang bernama latin Channa Micropeltes adalah ikan terjahat dari semua spesies Snakehead. "Giant Snakehead tidak mengenal rasa takut" Katanya.


Ikanyang sama juga telah menimbulkan kekacauan ketika mereka masuk keperairan Amerika Serikat tahun 2002. Para penembak jitu disiapkan dipinggir sungai untuk menembaki mereka. Pada waktu itu, air sungaidipenuhi oleh darah untuk memancing mereka keluar.

Untukdiketahui, Snakehead dewasa dapat mencapai panjang 90 cm dan berat 20kilogram, Dan tebak, darimana persisnya ikan ini berasal ? ya,Indonesia. Kita mengenal jenis snakehead dengan sebutan IKAN GABUS. Giant Snakehead adalah salah satu variannya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More