Selasa, 04 Mei 2010

6 Ciri Persahabatan Yang Sehat

Menjalinhubungan yang sehat dan berkualitas dengan para sahabat bisa menjadipekerjaan yang menantang. Ada kalanya, seseorang yang selama ini Andaanggap sebagai sahabat tenyata berbalik menjadi musuh dalam selimut.

Padahal,bagi sebagian besar orang, sahabat menjadi tempat bersandar danmencurahkan perasaan selain dengan anggota keluarga. Nah, ukur kualitaspersahabatan Anda dengan menyimak enam ciri hubungan persahabatan yangsehat berikut ini:


1. Loyalitas
Kesetiaanmerupakan poin utama untuk membina sebuah hubungan yang sehat, baikdalam persahabatan atau pun dalam keluarga. Setiap orang tentu pernahmembuat kesalahan pada suatu waktu, mengalami pasang surut kehidupan,bahkan menampilkan perilaku yang tidak dapat dibanggakan.

Ketikakita menemukan teman atau orang-orang terkasih yang dapat memaafkan danmendampingi kita dalam keadaan apa pun, kita patut bersyukur. Janganpernah menyia-nyiakan loyalitas yang ditunjukkan oleh para sahabat danhargailah selalu hal itu.


2. Respek
Perlakukanorang lain secara baik dan hormat agar Anda pun diperlakukan dengancara yang sama. Anda tentu tahu, tidak enak rasanya diabaikan,dihakimi, dimanipulasi, direndahkan, atau diperlakukan secara kasar dantidak layak. Memang ada kalanya kita tidak sependapat dengan opiniteman atau orang terdekat. Tapi, menunjukkan rasa hormat tetap menjadisatu hal yang mutlak.

3. Tanpa syarat
Ada kalanyaseseorang membantu orang lain dengan harapan mendapatkan sesuatu yanglain sebagai imbalan di masa depan. Seorang sahabat sejati bersediamembantu Anda dengan tulus tanpa tendensi apa pun.

4. Dapat dipercaya
Seorangsahabat yang baik seharusnya dapat dipercaya dan mampu menyimpanrahasia yang telah diamanatkan padanya. Sahabat yang baik tidak akanmenusuk Anda dari belakang, atau membeberkan aib temannya sendirikepada orang lain. Jika Anda ingin menyampaikan sesuatu yang bersifatrahasia kepada sahabat, pastikan dulu bahwa ia memang dapat dipercaya.

5. Peduli
Memperlihatkanketertarikan yang tulus dan mendengarkan dengan seksama apa yangdisampaikan orang lain sangat penting dalam menjalin hubungan yangsolid. Jauhi sikap egois yang hanya memikirkan diri sendiri.Sebaliknya, tunjukkan kepedulian dengan memfokuskan perhatian terhadaporang lain agar ia merasa dihargai dan berarti.

6. Dapat diandalkan
Sahabatadalah orang yang dapat diandalkan ketika orang lain sepertinya tidakdapat diharapkan. Ketika seorang sahabat berjanji akan datang menghiburAnda yang sedang patah hati, maka ia akan benar-benar mengetuk pinturumah Anda seperti yang telah dijanjikannya. Ia akan selalu ada untukmemberikan dukungan moral, bahkan materi, jika Anda membutuhkannya.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
source: http://fajar1995.blogspot.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More