Selasa, 04 Mei 2010

13 Gunung Berwajah Manusia di Dunia

Alamsungguh luar biasa. Bukan saja mampu menghadirkan sebuah keindahan yangtak terperi tapi juga misteri yang menyelimutinya. Di antara misteriyang sampai berabad-abad belum terpecahkan adalah gunung-gunung yangmenyerupai wajah manusia.

Andatahu wajah manusia, kan? Ada mata, mulut dan hidung. Gunung-gunung inipun memiliki itu semua, setidaknya jika dilihat dari kejauhan danketinggian. Seperti halnya legenda Tangkuban Perahu di Jawa Barat,misteri Candi Prambanan dan Loro Jongrang, maka gunung-gunung berwajahmanusia ini pun punya cerita (legenda) dan misteri sendiri.

Anehdan uniknya, beberapa dari gunung-gunung ini benar-benar mirip wajahmanusia. Lokasi gunung-gunung aneh ini ada di sejumlah Negara di dunia.Yang jadi pertanyaan, apakah bentuk wajah manusia itu hasil pahatan??Tentu saja tidak! Kecuali gunung granit Mount Rushmore, yang menmahatsejarah Amerika pada 150 tahun pertama, semua gunung ini adalah aslikreasi alam.

Danseperti biasa cerita misteri atau legenda yang berkembang, kisah-kisahburung yang menyebut gunung-gunung aneh ini tercipta dari manusia yangdikutuk pada ribuan atau bahkan jutaan tahun lalu. Benarkah??! Embuh!!Namanya juga legenda, bisa menjadi apa saja.

Namununtuk meyakinkan, silahkan tengok foto-foto ini, dan anda bisamenilainya. Ada yang mirip seperti perwira perang pada masa lalu, adajuga seperti lelaki bertopi, dll. Tapi yang paling menarik adalah wajahseorang pria yang menempel di puncak gunung (see the picture), dan yangjuga paling terkenal di dunia adalah gunung berbentuk seperti wajahprajurit indian yang menengadah ke langit. Gunung aneh ini dikenaldengan sebutan Lover’s Rock, terletak di Antequera, Andalusia, Spanyol.

Lalu, adakah cerita menarik seputar gunung-gunung aneh itu, tentu saja. Berikut cuplikan kisah misterinya:
1. Legenda Gunung Berwajah Prajurit Indian

Gunungbatu berwajah manusia ini salah satu yang paling terkenal di dunia.Hasil pahatan alam yang sempurna. Wajah keras ini seperti prajuritlaki-laki Indian. Gunung aneh ini dikenal sebagai Lover’s Rock,terletak di di Antequera, Andalusia, Spanyol. Legenda yang berkembangseputar terciptanya gunung itu adalah, berawal dari kisah cinta seorangpemuda Kristen dari Antequera dengan wanita Moorish dari Archidona yangberbeda agama. Masyarakat setempat yang sangat fanatic, tidak bisamenerima kisah cinta mereka. Tentangan keras datang dan melarang sangpemuda yang merupakan penduduk setempat, untuk melanjutkan hubunganmereka. Rasa cintanya yang luar biasa membuat si pemuda nekad, mengajarkekasihnya kabur, mereka lari ke hutan untuk menghindari kejaranpenduduk.Konon, mereka bunuh diri dengan cara menghempaskan diri dalamkondisi berpelukan ke batu. Itu merupakan pilihan mereka dari padamelewatkan seumur hidup tanpa saling memiliki. Konon katanya, jenazahmereka secara ajaib melebur dalam batu itu dan mengubah wujud bukitbatu itu menjadi bentuk yang sekarang ini kita lihat gambarnya.

2. Gunung Berbentuk Wajah Dewa Zeus di Yunani
Iniadalah Mount Yiouktas di Heraklion, Crete, Yunani. Anda tentu pernahdengar atau pernah baca legeda Dewa Zeus. Dalam legenda, Dewa Zeuslahir di Crete dan dia juga wafat di sana. Mitosnya, di gunung itulahia wafat dan menjadi kuburnya. Tapi tidak ada yang bisa menjelaskanbagaimana sampai profilnya bisa terpahat dan menempel di gunung itu.Siapa yang memahat, bagaimana caranya? Anda tentu bisa melihat gambarini, adalah sebuah keajaiban kalau manusia bisa menghasilkan pahatanwajah Dewa Zeus seperti ini. Kalau bukan manusia, lalu siapa? Alamkah?Atau adakadabra..sim salabim..jadilah wajah Dewa legendaries itu.Misteri ini yang belum bisa dijelaskan sampai kini sejak berabad abadlalu.

3. Gunung Wajah Tersenyum di Junagadh di Gujarat, India
Wajahtersenyum ini hanya bisa dilihat dari ketinggian). Gunung unik iniberada di Junagadh, Gujarat, India. Gunung ini juga dikenal sebagaiGirnar Hill, di sini terdapat Kuil Bhavnath. Sebenarnya hasil gambarluar biasa ini merupakan trik fotografi yang membalikkan gambar 90drajat, hasilnya seperti yang anda lihat, luar biasa. Seolah ada wajahtersenyum.
Kelimapuncak jajaran gunung-gunung masing-masing dihiasi candi batu denganukir-ukiran rumit pada sampingnya. Banyak peziarah Hindu dan Jainsberusaha mencapai lima puncak yang jika ditotal membutuhkan kira-kira8000 langkah. Legendanya, dengan mendaki gunung itu dengan bertelanjangkaki, dan jika mencapai kelima puncak, maka si peziarah akan mendapattempat di surga. Begitulah kepercayaan mereka!
4.Sekarang kita tinggalkan soal legenda, perhatikan wajah gunung dahsyatini. Formasi Gunung-gunung ini sebenarnya merupakan gunung utuh di manabanyak terdapat pohon firs. Sayangnya fotografer Christopher Fay yangberbasis di Florida, tidak memberikan informasi lokasi pemotretan.Apakah anda mengenalinya, terdapat di manakah ini? ‘Wajah’ gunung inimengingatkan apa, Yoda atau Gremlins?

5. Gunung ‘Bersungut-sungut’ di Crete, Yunani
Gunungunik ini juga berada di Crete, Yunani, tempat yang sarat akan legenda.Gunung ini juga unik, ada hidung dan dahi yang anggun. Yang menarikketika salju turun, wajah gunung ini pun ‘berubah’ seperti orang yangtengah bersungut-sungut, agak merengut, seperti tidak suka.

6. Gunung Batu Berbentuk Wajah Raja Lengkap dengan Kumisnya, di California
Gunungbatu ini salah satu yang terunik di wilayah Amerika Serikat. Bentuknyaaneh dan unik, terkesan seperti wajah seorang raja lengkap dengankumisnya. Letaknya di King Canyon National Park, California. Ada hidungyang sangat besar, ada pelupuk mata dan seperti ada tiga mata, mataketiganya terletak di atas kumis (berwarna hijau, mungkin ini kumpulanpohon yang dari kejauhan terlihat seperti kumis). ‘Raja Canyon’ initerlihat seperti Cyclops.

7. Bucegi Mountains – living legends, Romania
Bucegiadalah gunung paling popular di kalangan para pendaki, terdapat diRomania. Dari bagian utara gunung ini kamu bisa melihat keindahanBucharest.Ada dua bagian gunung ini yang letaknya di ketinggia 220meter, paling disukai para turis (pendaki) yakni batuan besar yangberbentuk sphinx yang sepintas mirip wajah manusia. Alamlah yang telahmemahat batu ini menjadi seperti itu. Diduga, bentuk itu didapat hasildari erosi. Bagian lain yang juga unik adalah berbentuk Old Woman (diRomania disebut : Babele).

8. Gunung dengan Wajah Bertopi
Gunungbatu berbentuk aneh ini terdapat di Rock City, GA. Uniknya pada bagianpuncak ada bagian batu yang menjorok seperti topi yg menutupi separuhwajah.


9. Gunung Berbentuk Beruang yang Melolong di Estes Park, Colorado, AS
Nah,bentuk gunung yang satu ini berbeda dengan yang lain. Kalaugunung-gunung lain berbentuk wajah manusia, kalau gunung yang terdapatdi Estes Park Colorado AS, ini, seperti berbentuk beruang yang sedangmelolong. Benarkah?

10. Wajah Manusia di Gunung Cook (Aoraki), Australia
Mungkinini hanya kebetulan atau intepretasi pada foto. Seorang pengunjung,Geoff Olsen, gunung ini mengambil foto dan terkejut ketika mendapatifoto tersebut terlihat seperti wajah manusia di gunung.

11. Gunung Batu ‘Sejuta Wajah’ di Mount Rushmore National Memorial, AS
Mungkinanda semua sudah sering melihat gambar ini, gunung batu yang mewakili‘sejarah amerika’. Di sana sejumlah wajah founding father Amerikadibentuk. Letaknya di Keystone, South Dakota. Ukiran patung para tokohAmerika ini dibuat Gutzon Borgium, seorang seniman patung, pada bukitgranit pada tahun 1867-1941. Patung-patung ini adalah ‘catatan sejarahAmerika’ pada 150 tahun pertama. Tinggi masing-masing kepala patungsekitar 18 meter.

12. Mount Everest
Mungkinini hanya interpretasi terhadap foto, tapi gunung tertinggi di duniaini pun dari kejauhan mirip wajah manusia. Terkesan mengada-ngada. Tapicoba perhatikan gambar ini dan ‘mainkan’s edikitimajinasimu..nah..bagaimana??


 
source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3321392

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More