Kamis, 11 Maret 2010

10 Rupa Air Mancur Terindah di Berbagai Negara

1.Fountains of Bellagio (Las Vegas): Pertunjukan Koreografi Air
Fountains of Bellagio Hotel di Las Vegas (AS) adalah sebuah kolam airmancur besar dengan pertunjukan yang melibatkan cahaya dan musik.Pertunjukan ini dapat dilihat dari sejumlah titik tertentu di theStrip, dari jalan dan dari bangunan tetangganya. Pertunjukan airtersebut dilaksanakan setiap 30 menit di sore dan awal malam hari, dansetiap 15 menit mulai 8 PM hingga dini hari. The Fountains dibangun diatas danau buatan seluas sembilan ekar. Gerakan air diatur mengikutiberbagai musik; contohnya meliputi “Fly Me To The Moon” (FrankSinatra), “Time to Say Goodbye” (Sarah Brightman dan Andrea Bocelli)dan “My Heart Will Go On” (Celine Dion).
Menurutmitos urban danau ini diisi dengan air kotor dari hotel, padahalmenggunakan air segar, yang dibor beberapa dekade sebelumnya untukmengairi lapangan golf yang sebelumnya menempati tanah itu. Faktanya,air mancur ini menggunakan lebih sedikit air daripada lapangan golf.Mereka menggunakan jaringan pipa bawah tanah dengan lebih dari 1.200selang yang menjadikannya mungkin untuk melakukan pertunjukan airmancur bersama dengan 4.500 lampu. Diperkirakan bahwa danau air mancurini memakan US$50 juta dalam pembuatannya.

2.Fountain of Wealth (Singapura): Air Mancur Terbesar di Dunia
Fountainof Wealth terletak di bawah tanah di dalam mal perbelanjaan terbesarSuntec City di Singapura dan terkenal karena merupakan air mancurterbesar di dunia. Simbol kekayaan dan kehidupan, desainnya didasarkanpada mandala Hindu, dan merupakan representasi simbolis kesatuanrohani, persatuan dan harmoni diantara empat ras di Singapura. Terbuatdari perunggu, dan terdiri dari sebuah lingkaran dengan panjang 66meter yang dibantu oleh empat tiang besar. Menempati luas 1683 meter(5521 ft), dengan tinggi 13.8m (45.2 ft). Air mancur ini mencapaitinggi 30 meter.

3.Magic Fountain of Montjuic (Barcelona)
MagicFountain of Montjuic adalah permainan spektakuler warna, cahaya,gerakan, musik dan akrobat air di Barcelona. Terletak di Placad’Espanya dan National Palau, air mancur ajaib ini menarik ribuan turissetiap malam. Dibangun oleh perancang Carles Buigas tahun 1929 untukPameran Universal Besar, hampir 3000 pekerja dilibatkan dalam proyekini selama kurang dari satu tahun.

4.Volcano Fountain (Abu Dhabi)
Sedihnya,tahun 2004 Volcano Mountain – pernah menjadi markah tanah terkenal AbuDhabi dan salah satu air mancur terindah di dunia – diruntuhkan untukmemberi ruang untuk pembangunan perumahan. Air mancur setinggi 80 kakiini dibangun menyerupai piramida lingkaran,dengan anak tangga darikeempat sisi menaiki enam platform air mancur ke atas. Pada sore hari,air mancur ini berubah menjadi perunjukan dengan cahaya berwarnasementara air mengalir ke bawah.

5.Big Wild Goose Pagoda Fountains (Xian)
Dibanguntahun 652 selama pemerintahan Kaisar Gaozong dari Dinasti Tang, BigWild Goose Pagoda adalah sebuah bangunan kuno terlindungi dan tempatsuci bagi penganut Buddha. Terletak di pinggiran selatan Xian City(Cina), tempat ini adalah rumah bagi air mancur musikal terbesar diAsia, dengan garis cahaya terpanjang di dunia.

6.People’s Friendship Fountain (Moskow)
People’sFriendship Fountain (juga dikenal sebagai Friendship of Nations) diMoskow memiliki 16 patung yang memakai kostum nasional mereka, mewakiliseluruh Republik Uni Soviet. Air mancur ini dilengkapi oleh kolamoktahedral granit merah dengan luas permukaan 4.000 meterp ersegi. Airmancur ini dijalankan oleh sebuah sistem delapan pompa yang dapatmenembakkan 1.200 liter air dari 800 jet hingga mencapai tinggi 24meter per detik.

7.Trevi Fountain (Roma)
Berdirisetinggi 25.9 meter (85 feet) dan selebar 19.8 meter (65 feet), TreviFountain (Fontana di Trevi) memiliki salah satu pahatan terindah diItalia: Neptune atau Oceanus di tengah dan dua triton, satu berusahamenjinakkan kuda yang melambangkan laut kejam, dan satu lainnya meniupkerang yang melambangkan laut tenang. Dipesan tahun 1732 oleh ClemensXII dan tiga puluh tahun kemudian penggantinya Clemens XIIImenyucikannya.

Trevimenjadi terkenal karena adegan dalam film “La Dolce Vita” buatanFellini, ketika Anita Ekberg bermandi larut malam di air mancur ini.Juga ada legenda yang mengatakan, bila Anda melempar koin ke TreviFountain, Anda akan kembali ke Roma.

8.Oval Fountain (Tivoli)
Fontanadell’Ovato (Oval Fountain), juga disebut Fontana di Tivoli, terletak diVilla d’Este, Tivoli, Italia. Air mancur ini bermuara di kolamberbentuk telur kemudian masuk ke kolam yang dibuat di nymphaeumberkarat. Desainnya dibuat oleh Pirro Ligorio. Seluruh Villa ditetapkansebagai Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 2001.

9.Peterhof Fountain (Saint Petersburg)
Peterhofadalah sebuah kediaman Kekaisaran yang mewah dan indah, didirikan tahun1710 oleh Peter Agung di tepi Teluk Finlandia (Laut Baltik).Menggabungkan beberapa istana, sejumlah taman lanskap dan kumpulanpatung dan air mancur, memberinya sebutan “Versailles-nya Rusia”. GrandCascade mengalir dari bawah istana menuju Laut Baltik dan merupakansalah satu rangkaian air mancur terbesar di dunia. Dari air mancurterbesar Grand Cascade, dipenuhi patung emas Samson berkelahi dengansinga, sebuah kanal mengalir melalui taman ke dermaga, dimana hydrofoildan kapal dari St. Petersburg berlabuh.

10.King Fahd’s Fountain (Jeddah)
Terletakdi kota Jeddah, Saudi Arabia, King Fahd’s Fountain terkenal karenamerupakan air mancur tertinggi di dunia, menembakkan air ke ketinggian1023-ft (312m) – lebih tinggi dari Menara Eiffel bila antenanyaditiadakan. Menggunakan 3 pompa raksasa yang dapat menembakkan 625liter air per detik pada kecepatan luar biasa 233 mph (375 km/h). Bilabepergian ke Jeddah, jangan lupa mengunjungi air mancur ini, luar biasa.


sumber: terselubung

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More