Kamis, 11 Maret 2010

10 Mumi Paling Bersejarah Di Dunia

Sebuahmumi adalah mayat yang tubuhnya telah diawetkan dengan baik disengajaatau karena bahan kimia dan juga karena suhu, udara dan kelembaban ygsangat rendah. Mumi manusia dan hewan banyak ditemukan di seluruhdunia, akibat dari pembalsem atau karena pelestarian alam melaluikondisi yang tidak biasa. Banyak mumi ribuan tahun yangterkenaldikarenakan proses kematiannya yg menarik atau pelestarian luar biasadari tubuhnya. Berikut ini adalah 10 mumi yang paling menarik dansebagian besar masih dapat dilihat sampai sekarang.

10. Elmer McCurdy
ElmerMcCurdy (Januari 1880 - 7 Oktober 1911) Adalah seorang penjahat yangtewas dalam baku tembak di Oklahoma. Ketika tidak ada yg mengklaimjenazahnya, maka Mayat itupun dibalsem dgn alasan bahwa suatu haripasti akan ada yg mengambil jenazah itu.
Dan 5 tahunkemudian, seseorang yg mengaku saudara Elmer ingin memberikanpenguburan yg layak terhadap sodaranya, ketika saudaranya inginmengambilnya, mereka tidak menggangap itu adl jenazah Elmer, merekacuma menggangap itu hanyalah patung lilin, dan mereka pun menjualjenazah itu ketempat karnaval setempat untuk dijadikan target latihantembak, dan ketika jenazah yg dianggap patung itu ditembak dibagianlengan, terbuktilah kebenaran dari jenah Elmer McCurdy.


9. Vladimir Lenin
VladimirIlyich Lenin (10 April 1870 - 21 Januari 1924) adalah salah satu tokohpolitik terkemuka dan para pemikir revolusioner abad ke-20, yangmenjadi otak Bolshevik mengambil alih kekuasaan di Rusia pada tahun1917, dan merupakan arsitek dan pemimpin pertama Soviet.
Padabulan Maret 1923, ia menderita stroke utk yg ketiga kalinya yangmembuatnya bodoh dan selalu ditempat tidur sampai ia meninggal pada 21Januari 1924, diumur 53 th, di perkebunan di Leninskiye Gorki. Tubuhnyadibalsem dan dipamerkan di Lenin Mausoleum, Moskow dan masih bisadilihat sampai sekarang


8. Ancient Pompeiians
Adalah mayat yg terkubur oleh abu panas dari letusan Vesuvius kini mumi tsb dapat dilihat di Museum arkeologi Napoli.


7. Juanita The Ice Maiden
Juanita( "The Ice Maiden") ditemukan di puncak Gunung Ampato, Peru, padatanggal 8 September, 1995. Dia adalah seorang yg dikorbankan untuk paradewa suku Inca pada 500 th yg lalu. kini Juanita dipajang di SantuariosMuseo de Altura di Arequipa, Peru.


6. Ötzi The Iceman
Ötzimumi alami seorang laki-laki dari sekitar 3300 SM (53 abad yang lalu).Mumi itu ditemukan pada bulan September 1991 di Schnalstal gletser diÖtztal Alpen, dekat Hauslabjoch, di perbatasan antara Austria danItalia. Tubuh nya kini dapat dilihat di South Tyrol Museum ofArchaeology di Bolzano, Italia utara



5. Ginger
Kenapadinamakan Ginger, krn mumi ini adalah mumi yg diyakini mumi pertamadari Mesir. Dan meski telah meniggal 5.000 th yg lalu mumi ini sangatsempurna, rambut, kaki bahkan kukunya masih terlihat sempurna. Gingerditemukan di Gebelein, Mesir dan saat ini dipamerkan di British Museum.


4. Tollund Man
Adalahmayat manusia lelaki yg hidup pada abad ke 4 SM dijaman Romawi. Diaditemukan Mei 1950 di Semenanjung Jutlandia di Denmark. Kini tubuhnyaditampilkan di Silkeborg Museum di Denmark.


3. Rosalia Lombardo
MayatRosalia Lombardo, seorang anak perempuan Sisilia berusia dua tahun yangmeninggal tahun 1920, masih terlihat segar. Muminya yang dikenal dengan"Sleeping Beauty" disimpan dalam kotak kaca di biara Capuchin Palermo,Italia.


2. King Tutankhamun
Tutankhamun(sekitar 1341 SM - 1323 SM) adalah seorang firaun Mesir dari dinastike-18 selama periode sejarah Mesir yang dikenal sebagai Kerajaan Baru.Tutankhamun berumur 9 tahun ketika ia menjadi firaun dan memerintahselama sekitar 10 tahun, sampai kematiannya. Makam Tutankhamun diLembah Raja-Raja (di mana ia masih berada) ini ditemukan oleh HowardCarter pada tahun 1922 hampir sepenuhnya utuh dan Tutankhamun mumipaling lengkap diantara raja Mesir kuno yang pernah ditemukan.


1. Lady Dai (Xin Zhui)
adatahun 1971 pekerja di China menggali tempat penampungan serangan udaradi dekat kota Changsha mereka menemukan makam2 era Dinasti Han yangberisi lebih dari 1.000 artefak yg terawat dgn baik, serta "mayat ygdiawetkan yang paling sempurna yang pernah ditemukan" yang diketahuiternyata adalah Makam milik Xin Zhui, istri Marquis Han yang meninggalantara 178-145 SM.
The 'misteri Lady Dai' belumterpecahkan. Para ilmuwan percaya mayat itu lestari luar biasadikarenakan oleh 22 gaun sutra dan rami dan 9 pita sutra yg membungkusmayatnya dan menjaga udara keluar. Namun, beberapa ilmuwan mendugabahwa kunci nyata untuk pelestariannya terletak pada cairan kemerahanmisterius tak dikenal ditemukan di dalam peti mati tsb. Dan tubuh inikini dapat kita lihat di Museum Provinsi Hunan.



sumber:terselubung

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More