Sabtu, 06 Februari 2010

Misteri Piramida Khufu di Giza

Selamamasa pemerintahan Mesir kuno, para firaun membangun sebuah pusatkebudayaan dan pemerintahan yang kuat di wilayah lembah Nil. Mungkinpencapaian terbesar mereka adalah piramida-piramida raksasa yangdibangun untuk menaungi raja mereka setelah maut menjemput.



Piramida - Latar Belakang
PendudukMesir kuno percaya bahwa ketika seorang firaun meninggal, ia akanmenjadi Osiris, raja orang-orang mati. Sedangkan firaun yang baru akanmenjadi Horus, dewa langit dan pelindung dewa matahari. Siklus inidilambangkan dengan terbit dan tenggelamnya matahari.

Sebagiandari roh firaun yang meninggal, disebut juga Ka, dipercaya masih tetapberada di tubuh jasmaninya. Karena itu mayat sang firaun harus dijagadengan baik. Jika mayat itu tidak dirawat dengan baik, firaun itu tidakakan bisa menjalankan tugasnya sebagai raja orang-orang mati. Jika halini terjadi, maka siklus tersebut akan putus dan malapetaka akanmenimpa Mesir.

Untukmencegah bencana tersebut, setiap mayat firaun yang meninggal segeradimumikan. Semua hal yang dibutuhkan oleh sang raja sesudah kematiannyadisediakan di kuburannya seperti bejana-bejana tanah liat, emas,makanan, perabot dan bahkan boneka-boneka berbentuk pelayan yangdisebut Ushabti.

Setelah itu, untuk menjaga dan melindungi mayat firaun, orang Mesir membangun kuburan-kuburan yang megah berbentuk piramida.

Piramida - siapakah yang membangunnya ?
Tidakseperti yang sering kita dengar, piramida tidak dibangun oleh parabudak atau orang asing. Hasil penggalian arkeologi menunjukkan bahwapiramida dibangun oleh penduduk asli Mesir dengan pengawasan daripejabat istana.

Luar biasanya, para penduduk yang membangunpiramida juga membangun fasilitas-fasilitas penunjang seperti tempatpemanggangan roti, asrama, pekuburan dan bahkan fasilitas kesehatan.Menurut perkiraan, setiap hari dibutuhkan sekitar 100.000 ikat bawangdan 200.000 potong roti untuk memberi makan para pekerja.

Paraburuh yang membangun piramida ini juga bangga dengan pekerjaannya.Mereka sering menyebut diri mereka "Sahabat-sahabat Khufu".

Piramida - Saqqara
Hinggatahun 2008, telah 118 piramida yang ditemukan di Mesir. Piramida tertuayang diketahui adalah piramida yang digunakan untuk kuburan firaunDjoser yang ada di Saqqara dan diperkirakan dibangun pada tahun 2600 SM.

Bangunanluar biasa ini didesain oleh seorang tokoh misterius Mesir bernamaImhotep dan dibuat dengan menumpuk batu sedemikian rupa sehinggamembentuk tangga menuju puncak. Ini dibuat agar roh-roh orang yangsudah meninggal dapat naik ke langit dengan melewati tangga-tanggatersebut.

Pencapaian ini begitu luar biasa sehingga Imhotep kemudian dijadikan dewa oleh bangsa Mesir 1.400 tahun setelah kematiannya.

Piramida - Giza

Dari118 piramida yang telah ditemukan, ada satu yang dianggap sebagaipencapaian terbesar bangsa Mesir, yaitu Piramida Khufu (cheops).Piramida ini adalah satu diantara tiga piramida yang terletak diwilayah Giza. Dua lainnya yang berukuran lebih kecil bernama piramidaKhafre dan Piramida Menkaure.


Piramida Khufu mulai menarik perhatian dunia ketika Herodotus, sejarawan Yunani, menyinggungnya dalam tulisan-tulisannya.

Diperkirakansekitar 20.000 - 30.000 pekerja membangunnya dalam kurun waktu 80tahun. Piramida ini dibangun sebagai kuburan bagi raja Khufu daridinasti ke-4 Mesir. Sampai sekarang struktur raksasa yang luar biasaini belum bisa ditiru oleh teknologi modern.

PiramidaKhufu dibuat dengan struktur berupa empat sisi triangular dan dasarsegiempat sama sisi. Luasnya meliputi wilayah sekitar 0,5 km2.Tingginya sekitar 148 meter. Namun karena erosi, maka piramida itu kinihanya memiliki tinggi 137 meter yang tediri dari 203 undakan. Panjangmasing-masing sisi dasarnya adalah 230 meter. Sudutnya adalah pada 51derajat, 51 menit dan 14,3 detik. Ia juga memegang rekor sebagaibangunan tertinggi di dunia selama 3.800 tahun.

Jumlah batu yangdigunakan untuk membangun piramida ini berjumlah sekitar 2,5 juta blokbatu. Masing-masing seberat 2 ton hingga 70 ton dan berat totalpiramida ini diperkirakan sekitar 6,5 juta ton. Ini membuat piramidaini menjadi struktur bangunan terberat di dunia. Ini juga berartiArsitek piramida tersebut memiliki pengetahuan mengenai geologi untukmenentukan lokasi pembangunan yang kuat menahan beban seberat itu.

kebanyakanjenis batu yang digunakan untuk membangunnya adalah batu kapur kuning.Namun untuk beberapa interior, ia menggunakan batu granit yang keras.Luar biasanya, batu yang ada di puncak piramida dan di dasar piramidamemiliki jenis sama dan diperkirakan berasal dari pertambangan batuyang sama. Batu-batu ini dipotong dengan presisi yang luar biasasehingga ketika ditumpuk, sekeping kartu atm tidak bisa menembuscelahnya.

Piramida Khufu - Karakteristik
Adahal-hal yang menarik ditemukan di Piramida ini. Pertama, Piramida khufuternyata memiliki kesejajaran dengan empat arah mata angin pada kompas.Ini artinya empat sisinya menghadap ke arah utara, timur, selatan danbarat. Ketidaksesuaian dengan utara hanya sekitar 1/12 derajat. Yangmengejutkan tentu saja, mereka membuat struktur dengan karakteristikini tanpa kompas yang pertama kali ditemukan sekitar tahun 1500 Masehi.Ini menunjukkan bahwa para arsitek Mesir telah memiliki pengetahuanmemadai mengenai arah angin.

Selain itu, Max Toth dalam bukunyamengenai piramida mengatakan bahwa piramida khufu mewakili hukum-hukumuniversal yang diekspresikan secara geometri. Hal ini kelihatannyasukar untuk disangkal. Contohnya adalah padakarakteristik-karakteristik ini :

Perimeter Piramida, yaitu jarak antara empat sisi di dasarnya ternyata memiliki korelasi dengan lingkaran bumi.

Jumlah hari dalam 100 tahun adalah 36.524 hari. Ini sesuai dengan total inci pada perimeter Piramida.

Rasio antara tinggi piramida dengan perimeter dasarnya adalah persis 3,14 atau kita kenal juga dengan sebutan Phi.

Selainkarakteristik geometri, karakteristik yang luar biasa lainnya adalahTemperatur didalam Piramida yang berada pada kondisi tetap, yaitu 68derajat fahrenheit, sama persis dengan temperatur internal bumi.

Piramida - Pandangan Alternatif
Hinggakini, secara umum, piramida diketahui sebagai kuburan para raja. Namunbagi beberapa orang, fungsinya lebih daripada itu. Salah satu hipotesisalternatif yang paling terkenal adalah teori Erich Von Daniken. Dalambukunya "Chariots of the Gods" ia mengatakan bahwa piramida dibangunoleh alien yang berasal dari planet lain denganteknologi maju. Ia mendasarkan teorinya pada struktur piramida yangmemiliki teknologi tinggi, terlalu tinggi untuk zaman itu. Hipotesisini diterjemahkan keadalam banyak film seperti Stargate dan Transformer2.

Bagi yang lain, mungkin bukan alien yang membangun piramida,namun mereka percaya bahwa piramida memiliki kekuatan mistis.Kelompok-kelompok seperti Rosicrucian, Freemasonry, Kabbalah danlainnya telah menggunakan piramida sebagai simbol ritual mereka.Contohnya bisa dilihat pada uang kertas 1 dolar dan lambang Amerikaserikat yang konon didesain oleh para anggota freemasonry.

Kelompok-kelompokini juga percaya bahwa lorong-lorong didalam piramida melambangkantabel waktu, dan persimpangan dari lorong-lorong itu melambangkansebuah peristiwa besar yang akan terjadi di dunia.

Teori lainyang terkenal adalah teori Orion yang dikemukakan oleh Robert Baucaldan Adrian Gilbert. Menurut mereka, tiga piramida yang terletak di Gizaadalah representasi dari tiga bintang di Orion Nebula (Ini jugadisinggung di film Transformer 2). Menurut teori ini, orang Mesiradalah keturunan langsung dari alien yang mengunjungi bumi dan paraalien itu menyimpan sebagian pengetahuan mereka ke dalam strukturpiramida.


Piramida - Kesimpulan

Piramida,hingga sekarang masih tetap menjadi salah satu bangunan yang palingmisterius di dunia. Beberapa waktu yang lalu, peralatan astronomi danwahana penjelajah milik NASAtelah diterjunkan untuk memeriksa seluruh bangunan piramida khufu.Namun anehnya, NASA menolak mempublikasikan hasil penyelidikan terhadapruang bawah tanah di dalam Piramida.

Hal ini telah memicuberbagai teori di kalangan penganut teori konspirasi, apalagi ditambahdengan sikap keras pemerintah Mesir yang selalu menolak untukmemberikan ijin terhadap eksplorasi.

Mungkin misteri piramidatidak bisa terjawab hari ini. Namun apabila anda berkesempatanmengunjungi bangunan luar biasa itu, ingatlah bawah ribuan tahun yanglalu, sekelompok bangsa telah membuat sebuah pencapaian yang tidak bisakita tiru. Jika demikian halnya, apakah kita masih bisa menyebut bangsakuno sebagai bangsa yang primitif ?

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More