Sabtu, 06 Februari 2010

Majestic-12 - Kelompok super rahasia Amerika Serikat ?

PadaDesember 1984, sebuah paket misterius tiba di tangan seorang produserfilm Hollywood dan peneliti UFO bernama Jaime Shandera. Di dalam pakettersebut terdapat sebuah negatif film ukuran 35mm. Tidak ada alamatpengirim. Yang ada hanyalah cap pos yang berasal dari Alburqueque, NewMexico. Paket ini kemudian menjadi sumber utama beredarnya rumormengenai keberadaan organisasi super rahasia bernama Majestic-12.Benarkah organisasi ini benar-benar ada ?





Dokumen Shandera
Ketikadiproses, negatif film tersebut ternyata menghasilkan delapan halamandokumen yang disiapkan tanggal 18 November 1952. Di dalamnya, terdapatsebaris kalimat peringatan "This is a TOP SECRET - EYES ONLY documentcontaining compartmentalized information essential to the nationalsecurity of the United States".


Pada halaman kedua, terdapat 12nama yang diketahui ternyata berasal dari para ilmuwan, petinggimiliter dan penasehat militer Amerika Serikat.


Sampai disini,masih belum jelas apa maksud delapan halaman dokumen itu. Namun ketikaJaime membaca halaman ketiga, semuanya menjadi jelas.


Halaman ketiga dokumen itu memiliki subyek "Penemuan piring terbang jatuh dan mayat-mayat alien dekat Roswell, New Mexico, Juli 1947"


Dokumenitu menceritakan bahwa pada bulan Juli 1947, sebuah pesawat berbentukpiring terbang telah jatuh di Roswell, New Mexico, dan "Extraterestrial biological entities" (EBEs) ditemukan oleh militer waktu itu.


Ketikapresiden Truman diinformasikan mengenai peristiwa ini, Ia segeramemberikan otorisasi kepada menteri pertahanan Forrestal untukmembentuk sebuah komite yang bertujuan untuk menyelidiki peristiwatersebut. Di dalamnya Truman menginstruksikan Forrestal untukmeneruskan "Operation Majestic-12". Namun di dalamnya tidak ada penjelasan apa yang dimaksud dengan Majestic-12.


Lahirnya Majestic-12 atau MJ-12
Padabagian lain dari dokumen ini, terdapat nama-nama yang merupakan anggotadari Majestic-12. Kalimat pada halaman tersebut berbunyi :


"OperasiMajestic-12 adalah sebuah penelitian dan operasi intelijen superrahasia yang bertanggung jawab langsung dan hanya kepada presidenAmerika Serikat. Operasi ini dilaksanakan dan dikendalikan olehMajestic-12 (MAJIC-12), sebuah kelompok yang dibentuk dengan perintaheksekutif presiden Truman pada tanggal 24 September 1947 berdasarkanrekomendasi Dr. Vannevar Bush dan menteri James Forrestal. Para anggotakelompok Majestic-12 adalah sebagai berikut :"


1. Adm. Roscoe H. Hillenkoetter
2. Dr. Vannevar Bush
3. Secy. James V. Forrestal
4. Gen. Nathan F. Twining
5. Gen. Hoyt S. Vandenberg
6. Dr. Detlev Bronk
7. Dr. Jerome Hunsaker
8. Mr. Sidney W. Souers
9. Mr. Gordon Gray
10. Dr. Donald Menzel
11. Gen. Robert M. Montague
12. Dr. Lloyd V. Berkner


Dua belas nama ini adalah para pejabat dan peneliti yang menduduki berbagai posisi penting di Amerika Serikat.


Misalnya Adm (Admiral) .Roscoe H Hillenkoetter adalah direktur utama Badan Intelijen Amerika.


Lalu Gen. Hoyt S Vandenberg yang merupakan kepala intelijen Militer selama perang dunia II.


Lalu Dr. Jerome Hunsaker yang merupakan seorang perancang pesawat dan merupakan kepala penasehat nasional bidang penerbangan.


Namundari 12 nama ini, ada satu nama yang agak aneh, yaitu Dr. Donald Menzelyang merupakan seorang profesor Astrofisika dari universitas Harvard.Prof. Menzel adalah seorang anti UFO dan telah menulis beberapa buku yang membantah keberadaan UFO.


Karena keberadaan nama Dr.Menzel itu juga, banyak yang percaya bahwa dokumen ini palsu.


Dokumen MJ-12 Lainnya
Menambah rumitnya misteri ini, peneliti ufo lainnya bernama Bill Moore bersamaJaime Shandera kemudian mendapatkan sebuah petunjuk dari sumber rahasiayang mengaku sebagai anggota intelijen angkatan udara. Berdasarkanpetunjuk ini. mereka kemudian mencari ke arsip nasional untuk menemukanreferensi dokumen resmi lainnya yang mungkin mengarah ke Majestic-12.Lalu mereka menemukannya.


Dokumen itu adalah sebuah memobertanggal Juli 1954 yang berasal dari Jenderal Robert Cutler, asistenpresiden Eisenhower, yang merefer kepada "MJ-12 SSP" (Special StudiesProject) yang diselenggarakan di gedung putih pada tanggal 16 bulan itu.


Sampai saat ini, Moore dan Shandera masih belum merilis dokumen yang diterimanya ke publik. Namun pada Juli 1987, seorang pria misteriusmemberikan sebuah dokumen kepada penulis Inggris bernama Timothy Good.Dokumen ini juga berisi salinan dokumen rahasia MJ-12. Mengetahui bahwaTimothy Good akan merilisnya ke publik, Moore dan Shandera kemudianmerilis dokumen yang mereka terima ke publik termasuk memo Cutler.


Hasilnyaadalah kehebohan massal. The New York Times dan media-media utamalainnya ikut meliput berita ini yang menyebabkan FBI turun tangan.Kontroversi seputar dokumen itu dan keberadaan MJ-12 tetap menjadibahan diskusi yang menarik selama beberapa lama.


MJ-12 - IPU - ONE
Sebagianpeneliti yang meragukan keberadaan MJ-12 mengajukan teori bahwa MJ-12sebenarnya adalah nama lain dari Interplanetary Phenomenon Unit (IPU),yaitu sebuah organisasi resmi peneliti UFO yang dibentuk militerAmerika dan aktif dari tahun 1940-1950.


Peneliti lain menyebutkan bahwa MJ-12 mungkin sebenarnya adalah salah satu departemen dalam CIA yang bernama Office of National Estimates(ONE). Departemen ini dibentuk tahun 1950 oleh direktur CIA, WalterBedell Smith, dan memiliki tujuan resmi untuk menyediakan data-dataintelijen yang terkoordinasi. Yang membuat orang menghubungkannyadengan MJ-12 adalah jumlah anggotanya yang juga 12 orang, termasukSmith sendiri.


Dalam sebuah artikel yang berisi mengenai sejarahCIA, disebut juga bahwa ONE pernah menerima briefing intelijen mengenaiUFO pada tanggal 30 Januari 1953.


Namun, baru pada tahun 2007,sebuah petunjuk mengenai keaslian dokumen ini muncul ke permukaan. Danpetunjuk ini datang dari seorang peneliti UFO sendiri.


Dokumen Bob Pratt
Awalnya, peneliti UFO terpecah menjadi dua. Sebagian mempercayai keaslian dokumen ini, sebagian lagi tidak.


BillMoore, Stanton Friedman dan Jaime Shandera percaya bahwa dokumen ituasli. Namun peneliti UFO lainnya seperti Kevin Randle, Armen Victoriandan Philip Klass percaya bahwa dokumen tersebut adalah dokumen palsu.


Then came along Brad Sparks.


Padasimposium MUFON (Mutual UFO Network) tahun 2007, seorang peneliti UFObernama Brad Sparks mempresentasikan sebuah dokumen yang menyebutkanbahwa dokumen-dokumen MJ-12 sebenarnya adalah sebuah kampanyedisinformasi yang dilakukan oleh Bill Moore, Richard Doty dan personelangkatan udara lainnya.


Informasi ini berasal dari seorangreporter bernama Bob Pratt yang memberikannya kepada MUFON sebelumkematiannya pada tahun 2005.


Lalu bagaimana hubungan antara Moore, Pratt, Doty dan Sparks sebenarnya ?


Rencana Moore untuk merekayasa
Padatahun 1980, Richard Doty menghubungi Moore dan mengaku sebagaipenghubung dari 10 anggota intelijen militer Amerika yang menentangkerahasiaan UFO. Kelompok 10 intelijen militer ini dijuluki Mooredengan nama "The Aviary".


Lalu pada January 1981, Dotymemberikan kepada Moore salinan dokumen Aquarius yang didalamnya jugamenyinggung MJ-12. Dokumen ini di kemudian hari terbukti sebagaidokumen palsu.


Pada tahun 1982, Moore mendekati peneliti UFOlainnya yang bernama Stanton Friedman untuk mengajaknya bekerja samamenciptakan dokumen palsu mengenai Roswell. Tujuannya adalah untukmendorong majunya saksi yang mungkin ada mengenai Roswell.



Padatahun yang sama juga, Moore mendekati Bob Pratt yang saat itu merupakanreporter National Enquirer untuk membuat sebuah novel fiksi yangberjudul MAJIK-12. Ia ingin Pratt membuatkan novel itu berdasarkan padaplot dan cerita yang dibuat oleh Moore.


Akibatnya, Pratt selalupercaya bahwa dokumen MJ-12 adalah sebuah rekayasa. Sebelum kematiannyapada tahun 2005, ia menyerahkan dokumen hasil percakapan itu kepadaMUFON. Dan ketika MUFON mendigitalisasi dokumen-dokumen mereka, dokumenPratt tersingkap. Dan dokumen inilah yang dipresentasikan oleh BradSparks.


Pada tahun 1983, Moore memberitahukan kepada Brad Sparksmengenai rencananya untuk memalsukan dokumen pemerintah. Moore percayabahwa pemalsuan ini akan memancing para mantan pejabat militer untukberbicara mengenai rahasia UFO yang disimpan pemerintah.


Sparksmenolak rencana ini dan ia meminta Moore untuk tidak melakukannya.Sparks lalu menelepon Stanton Friedman dan sangat marah ketika iamendengar Friedman menganggap ide Moore adalah ide yang bagus.


Pada tahun 1984, dokumen misterius sampai ke tangan Jaime Shandera.


Penipuan yang terus berlanjut
Lalu,ketika Moore, Shandera dan Friedman merilis dokumen MJ-12 untuk pertamakalinya, mereka membuat seakan-akan dokumen itu telah disensor olehpemerintah. Belakangan mereka mengakui bahwa mereka telah melakukansensor itu sendiri.


Ini menunjukkan indikasi bahwa merekabertiga tahu bahwa dokumen tersebut adalah palsu. Jika mereka yakindengan keasliannya, mengapa harus di "make up" lagi ?


Petunjuk lainnya
Selainkoneksi Moore, Dooty dan Pratt, peneliti lainnya menemukankecurigaan-kecurigaan lainnya berdasarkan pada forensik atas dokumentersebut. Diantaranya adalah :


Cap pos :Pada paket yang diterima Shandera, cap posnya menunjukkan bahwa pakettersebut dikirim dari Alberqueque, New Mexico. Dan tebak, siapa yangtinggal disitu. Yang tinggal disitu adalah Richard Doty. Namun, padaawal perilisan dokumen tersebut, Moore mengatakan tidak ada tandaalamat pengirim. Tentu saja, karena jika alamat pengirim disebutkan,maka orang akan segera mengkaitkannya dengan Richard Doty.


Tanggal :Dokumen militer menggunakan format penulisan surat yang sangat ketat.Pada tahun 1950an, surat militer menggunakan struktur tanggal day monthyear, tanpa koma. Namun dokumen MJ-12 menggunakan tanda koma. Briefingitu dilakukan pada level pejabat tinggi sehingga tidak mungkinkesalahan seperti itu dibiarkan terjadi.


Pangkat Hillenkoetter :Dalam daftar 12 nama anggota MJ-12, pangkat Hillenkoetter disebutsebagai Adm (Admiral). Padahal pangkat sebenarnya adalah Rear Admiral.Kesalahan ini bisa terjadi pada masyarakat sipil. Namun karena dokumentersebut bersifat militer, seharusnya tidak mungkin terjadi kesalahanseperti itu.


Verbal : Padadokumen itu, ada kata "media" untuk menyebut pers. Padahal, kata mediauntuk merujuk kepada pers baru digunakan mulai 1970an.


Memo Cutler : Padamemo Cutler - Twining, ada stempel bertuliskan "Top Secret RestrictedInformation". Pada tahun 1954, tidak pernah ada klasifikasi dokumenseperti itu di dalam militer Amerika.


MAJIC :Kode nama ini disebut sebagai kode bagi proyek Majestic-12. Namunpenulisan kode ini melanggar aturan penamaan kode militer. Soalnyasesudah perang dunia II, kode MAGIC digunakan untuk merefer kepadaproyek untuk memecahkan kode rahasia diplomat Jepang. Militer tidakmungkin menggunakan dua kode yang memiliki penyebutan (fonetik) yangsama.


Majestic-12 - Kesimpulan
Majestic-12cukup lengkap untuk menjadi dasar sebuah skenario film sejenis TheX-Files. Di dalamnya ada konspirasi pemerintah, ada ufo dan ada alien.Bahkan sebenarnya memang ada film seri yang menceritakan mengenaiMajestic-12.


Jika kalian bertanya mengenai pendapat saya, makasaya percaya bahwa Majestic-12 adalah sebuah rekayasa yang dilakukanoleh Bill Moore dan rekan-rekannya. Tujuan mereka jelas, membuat sebuahkisah fiktif untuk memancing keluar kisah yang sebenarnya. Taktikseperti ini memang biasa dilakukan oleh banyak pihak.


Tapi, paling tidak, kisah ini memang mengandung konspirasi kan ?


Jadi, apakah kalian masih mempercayai keasliannya ?


Namun,karena Bill Moore tidak pernah mengakui perbuatan pemalsuannya, makasaya masih memasukkan tulisan ini ke dalam kategori UFO dan ExtraTerestrial, bukan Hoax.

0 Komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More